Kepribadian Tokoh dalam Novel Sehidup Sesurga Dengamu Karya Asma Nadia dan Implementasinya sebagai Materi Bahan Ajar Sastra di SMA

hartatik Hartatik, Ayu Wulandari, Dzikrina Dian Cahyani

Abstract


Penelitian dalam novel Sehidup Sesurga Denganmu karya Asma Nadia merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan psikologi sastra. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aspek kepribadian tokoh dalam novel Sehidup Sesurga Denganmu karya Asma Nadia, (2) mengimplementasikan hasil penelitian aspek kepribadian tokoh dalam novel Sehidup Sesurga Denganmu karya Asma Nadia. Subjek penelitian ini adalah aspek kepribadian tokoh yang terdapat pada novel Sehidup Sesurga Denganmu karya Asma Nadia. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka, kemudian dilanjutkan teknik baca dan teknik catat. Adapun, metode dan teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, dilanjutkan dengan teknik analisis teks. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini ditemukan aspek kepribadian tokoh tipe kepribadian teori Hippocrates-Galenus. Hasil penelitian berupa deskripsi aspek kepribadian tokoh teori Hippocrates-Galenus, kemudian dijadikan sebagai materi ajar sastra kelas XII di SMA.

Kata kunci: aspek kepribadian tokoh, novel Sehidup Sesurga Denganmu, psikologi sastra.


Full Text:

Untitled

References


Littaurer, F. (2011). Personality Plus (Kepribadian Plus) Bagaimana Memahami Orang Lain dengan Memahami Diri Anda Sendiri. Tangerang : Karisma Publishing Group.

Minderop, A. (2011). Psikologi Sastra, Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nana. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Klaten : Lakeisha. Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, N. K. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryabrata, S. (2016). Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Wulandari, S., Suarsini, E., & Ibrohim. (2016). Pemanfaatan Sumber Belajar Handout Bioteknologi Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Vol 1 No. 5 Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v5i1.2466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.