Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII MTS Wathoniyah Islamiyah Banyumas Tahun Ajaran 2019/2020

Uly Fikriyyah, Mimi Mulyani, Ayu Wulandari

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Viii Mts Wathoniyah Islamiyah Banyumas Tahun Ajaran 2019/2020” yang merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan karena kurangnya kesadaran serta pengetahuan guru untuk menganalisis kualitas butir soal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan validitas, (2) mendeskripsikan reliabilitas, (3) mendeskripsikan indeks daya pembeda (IDB), (4) mendeskripsikan indeks tingkat kesukaran (ITK), serta (5) mendeskripsikan keefektifan pengecoh soal penilaian akhir tahun mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII MTs Wathoniyah Islamiyah tahun ajaran 2019/2020. . Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yakni (1) observasi, (2) pemilihan sampel, (3) pengambilan data, (4) analisis data berdasarkan validitas, reliabilitas, indeks tingkat kesukaran (ITK), indeks daya pembeda (IDB), dan efektivitas pengecoh.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat 36 atau 80% butir soal valid, 9 atau 20% butir soal tidak valid, (2) nilai koefisiensi Alpha Cronbach sebesar 0,732 sehingga soal dinyatakan reliabel, (3) indeks tingkat kesukaran soal sebanyak 5 atau 11% soal sukar, 31 atau 69% soal sedang, dan 9 atau 20% soal mudah,. 4) indeks daya pembeda soal sebanyak 1 atau 2% soal negatif, sebanyak 8 atau 18% soal jelek, 19 atau 42% soal sedang, 9 atau 20% soal baik, serta 8 atau 18% soal sangat baik, (5) Efektivitas pengecoh terdapat 0 atau 0% dengan kriteria semua pengecoh berfungsi, baik berjumlah 0 atau 0% dengan kriteria satu pengecoh tidak berfungsi, Buruk berjumlah 4 atau 9% dengan kriteria dua pengecoh tidak berfungsi, dan sangat buruk 41 atau 91% dengan kriteria tiga/semua pengecoh tidak berfungsi.

Kata Kunci: Analisis kualitas butir soal, efektivitas pengecoh., IDB, ITK, reliabilitas, validitas


Full Text:

Untitled

References


Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Purwanto. (2013). Evaluasi hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudijono, A. (2003). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v5i1.2465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.