Strukur Kalimat Visi dan Misi SMAN Kota Magelang: Tinjauan Fungsi dan Kategori Sintaksis

Wahyu Cahyo Sa'bani, Cahyo Yusuf, Winasti Rahma Diani

Abstract


Penelitian berjudul “Struktur Kalimat Visi dan Misi SMAN Kota Magelang; Tinjauan Fungsi dan Kategori Sintaktis” ini dilatarbelakangi bahwa struktur kalimat visi misi perlu dideskripsikan kebahasaannya untuk menemukan pola kalimatnya. Masalah penelitian ini ialah bagaimanakah struktur kalimat visi dan misi SMAN di Kota Magelang jika ditelaah berdasarkan fungsi sintaktis dan kategori sintaktis. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan sistem struktur kalimat visi dan misi. Metode dan teknik penyediaan data penelitian ini ialah metode simak dan teknik catat. Analisis data penelitian ini menggunakan metode agih dan teknik dasar bagi unsur langsung.
Hasil analisis penelitian ini bahwa visi dinyatakan tidak berunsur predikatif, sedangkan misi dinyatakan berunsur predikatif. Contoh, (1) visi dinyatakan berupa frasa terwujudnya warga sekolah yang beriman dan taqwa, unggul dalam prestasi, berbudi pekerti luhur dan berwawasan lingkungan dalam lingkup lokal dan global. Jika dikonstruksi secara sintaktis, frasa ini berfungsi sintaktis Keterangan, dan berkategori Nomina, sedangkan (2) misi dinyatakan berupa klausa, misalnya (a) membentuk insan cendekia yang bertaqwa, berbudaya, berwawasan lingkungan dan mampu berkompetisi secara global berfungsi sintaktis PO dan berkategori sintaktis VN; (b) mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar (KBM) berfungsi sintaktis PO dan berkategori VN; dan (c) mewujudkan teloransi beragama di sekolah berfungsi sintaktis POK dan berkategori VNN.

Kata Kunci: fungsi sintaktis, kategori sintaktis, SMAN Kota Magelang, visi misi.


Full Text:

Untitled

References


Alwi, dkk. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Bahasa.

Arohimawati, Galih. (2020). Bentuk dan Makna Adverbia pada Kalimat Deklaratif dalam Kumpulan Naskah Pidato Presiden Joko Widodo Edisi Agustus 2019 serta Formulasinya Sebagai Bahan Ajar Di SMA. Skripsi. Universitas Tidar. Diakses dari Repositori Universitas Tidar http://repositori.untidar.ac.id

Asmara, Rangga. (2016). Strategi Kebahasaan Presiden Jokowi Dalam menanamkan Ideologi dan Manifesto Pemerintahan. Jurnal LITERA Volume 15 Nomor 2 bulan Oktober 2016. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/11836/0

Budiyanti. (2015). Peningkatan Keterampilan Berpidato Melalui Teknik ATM (Amati Tiru Modifikasi) Berbasis Kartu Acak Pada Peserta Didik Kelas IX D SMP Negeri 3 Banyubiru Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Profesi Keguruan, Volume 1 tahun 2015, 17-25. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Chaer, A. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, Tia. (2012). Adverbia Penanda Modalitas dalam Novel Karya Andrea Hirata: Suatu Kajian Struktur dan Makna. Students e-Journal, Volume 1 Nomor 1 tahun 2012. Diakses dari http://journal.unpad.ac.id

Olii, Helena. (2008). Public Speaking. Jakarta: PTIndeks. Olii, Helena. (2015). Public Speaking. Jakarta: PT Indeks.

Irmansyah. (2015). Struktur Kalimat Deklaratif Bahasa Muna. Jurnal Humanika Nomor

Volume 3 Desember 2015 / ISSN 1979-8296 , 1-12. Diakses dari http://ojs.uho.ac.id/index.php/HUMANIKA/article/view/590/pdf

Isbandi Sutrisno & Ida Wiendijarti. (2014). Kajian Retorika Untuk Pengembangan Pengetahuan dan Ketrampilan Berpidato. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 12 Nomor 1 Bulan Januari-April tahun 2014, 70-84. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id

KBBI, 2021. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Diakses dari https://kbbi.web.id/pidato

Kridalaksana, H. (1990). Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.

Lindawati. (2015). Kalimat Imperatif Bahasa Kepulauan Tukang Besi. Jurnal Humanika

Volume 3 Nomor 15, Desember 2015 ISSN 1979-8296. Diakses dari https://ojs.uho.ac.id

Miftakhur Huda & Rahmah Purwahida. (2010). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Guru SMP/MTs di Surakarta. Jurnal Warta, Volume 13 Nomor 1 Maret 2010, 89-97. Diakses dari http://journals.ums.ac.id/

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurazizah, Nunung. (2020). Lingkungan Bersih, Masyarakat Sehat. Jakarta: Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus-Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nursarini. (2017). Adverbia dalam Bahasa Indonesia: Tinjauan Bentuk dan Perilaku Semantisnya. Jurnal Caraka. Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa Yogyakarta. Diakses dari Journal Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa http://jurnal.ustjogja.ac.id

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Safitri, Dini. (2014). Woman and Political Communication: Megawati dan Pemimpin Simbolik. Jurnal Komunikasi Volume 9 Nomor 1 Oktober 2014 ISSN 1907- 898X. Diakses dari https://journal.uii.ac.id

Sitohang, Risma. (2014). Mengembangkan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD. Jurnal Kewarganegaraan, Volume 23 Nomor 02, November 2014. Diakses dari http://digilib.unimed.ac.id

Sudaryanto. (2015). Metode dan Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Suleha. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif Dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Siswa Usaha Perjalanan Wisata di SMK Negeri

Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, Volume XIII Nomor 2 Bulan Desember 2019, 83-96 ISSN: 1858-3105. Diakses dari https://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id

Supriyadi. (2014). Sintaksis Bahasa Indonesia. Gorontalo: UNG Press.

Sutarmo, Sarwiji. (2008). Bahasa Indonesia Bahasa Kebanggaanku untuk kelas IX SMP/Mts. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Syam, Hanis Yunus. (2006). Kiat Sukses Berpidato. Yogyakarta:

Medi Jenius Lokal.

Wiyadi, M. (2017). Makna Adverbia Penanda Aspek, Sangkalan dan Jumlah pada Teks

Terjemahan Alquran (TTA). Tesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses dari Electronic Theses and Dissertations http://eprints.ums.ac.id




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v5i1.2462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.