Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ketrampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMP

Opi Hanidian, Mimi Mulyani, Dzikrina Dian Cahyani

Abstract


Tujuan penelitian ini menghasilkan media video animasi berbasis pendidikan karakter pada pembelajaran keterampilan menulis puisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP di Magelang. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Melalui penelitian dan pengembangan ini dihasilkan prototipe media video animasi yang telah teruji oleh pakar ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian ini, yaitu (1) guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran video animasi yang menarik, kreatif, memotivasi belajar siswa, bermuatan pendidikan karakter nasionalis dan religius serta memuat materi keterampilan menulis puisi (unsur fisik dan unsur batin). (2) prinsip dalam pengembangan media ini, yaitu menarik, kreatif, motivasi, multimedia dan keterampilan, desain produk media pembelajaran, yaitu menentukan prototipe media (warna, gambar, tulisan, musik dan suara), menentukan materi media sesuai kebutuhan dan kurikulum, dan menentukan urutan penyajian (pembuka, isi dan penutup). Berdasarkan hasil penilaian pakar ahli media diperoleh skor 92,5% yang tergolong sangat layak. Sedangkan penilaian pakar ahli materi memperoleh skor 92,5% yang juga tergolong sangat layak..

Kata Kunci: Keterampilan menulis puisi, Media video animasi, Pendidkan karakter.


Full Text:

Untitled

References


Aminuddin. (2002). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Arsyad, Azhar. 2010. Media pembelajaran. Azhar Arsyad. Ed 1: 13.

Asrul, Wiyanto. 2006. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: PT. Grasindo.

Elkind, David H., dan Freddy Sweet. 2004. How to Do Character Education.

Hasanuddin WS. 2001. Membaca dan Menilai Sajak. Bandung: Angkasa Bandung.

Jabrohim, Chairul Anwar, Suminto A., dan Sayuti. 2001. Cara Menulis Kreatif.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munir. 2012. Multimedia dan Konsep Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ramli. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Pers.

Sadiman, Arief, Rahardjo, Anung Haryono, dan Harjito. 2012. Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saliman, Wahyuni Sri, dan Yuyun. 2018. Pendidikan Karakter dalam Prespektif Budaya Bangsa. Yogyakarta: UNY Pers.

Sayuti A, Suminto. 2010. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama

Media. Sukmadinata, N.S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya”

Suparno, dan Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Waluyo, H. 2005. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v5i1.2461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.