Materi Ajar Berbicara Menggunakan Media Audio: Bipa Level 1

Ambara Maharani, Cahyo Yusuf, Theresia Pinaka Ratna Ning Hapsari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya masyarakat internasional yang mempelajari bahasa Indonesia dan untuk penginternasionalan bahasa Indonesia maka Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing. Pada pelaksanaannya harus didukung ketersediaan perangkat materi-ajar BIPA yang mencakup empat keterampilan berbahasa. Saat ini mobilitas seseorang sangat tinggi. Fenomena tentang suatu fakta ialah bahwa BIPA bertaraf internasional, maka untuk mencapai hal tersebut dibuatlah materi-ajar yang fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun materi-ajar berbicara menggunakan media audio untuk BIPA level 1 dan mengimplementasikan. Subjek penelitian ini ialah Standar Kompetensi Lulusan, Kurikulum, dan konstruk materi-ajar. Data penelitian ini konstruk berbicara yang diturunkan menjadi kisi-kisi sebagai dasar penyusunan materi-ajar dan kalimat berbicara pelajar BIPA level 1. Data pertama disediakan menggunakan metode baca, teknik catat, dan teknik triagulasi. Data kedua menggunakan metode simak dan teknik catat. Data dianalisis menggunakan metode triagulasi untuk data pertama dan metode agih untuk data kedua. Hasil penelitian ini Standar Kompetensi Lulusan Kursus dan Pelatihan BIPA dan Kurikulum Kursus dan Pelatihan BIPA dikonstruk menjadi kisi-kisi kemudian menjadi pedoman penyusunan materi-ajar berbicara menggunakan media audio: BIPA level 1. Materi-ajar berbicara dicobakan kepada pelajar BIPA 1. Pelajar mampu mengucapkan materi-ajar yang berisi materi perkenalan diri, memperkenalkan orang lain, dialog lokasi rumah, serta aktivitas sehari-hari dengan lancar.

Kata kunci : BIPA, Standar Kompetensi Lulusan, Kurikulum, konstruk, materi-ajar berbicara.

 


Full Text:

Untitled

References


Dewi, R. P. (2016). Pengembangan Buku Ajar Pemula Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Berbasis CEFR. Tarbawy, 3 (2), 21-39.

Kemdikbud. (2016). Kurikulum Kursus dan Pelatihan Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Level I-VII.

Purwiyanti, Y. (2017). Pengembangan Kompetensi Percakapan Pemelajar Bahasa Indonesia Penutur Asing Dengan Strategi Simulasi Percakapan (Permainan Peran Dan Sosio-Drama). ELIC, 3, 922-928.

Sadjati, I. M. (2012). Hakikat Bahan Ajar. Diakses pada Januari 2021, dari repository.ut.ac.id: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4157

Supriyana, A. (2008). Hakikat Berbicara. Diakses pada Januari 2021, dari repository.ut.ac.id: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4818

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Utami, D. A., & Rahmawati, L. E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Pemelajar BIPA Tingkat A1. KREDO, 3 (2), 278-290.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v4i2.1926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.