Ekranisasi Novel Serendipity Karya Erisca Febriani ke Bentuk Film Serendipity Karya Indra Gunawan serta Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA

Fitriya Ningrum, Mursia Ekawati, Dzikrina Dian Cahyani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi kekecewaan di dalam benak pembaca dan penonton karena munculnya perbedaan yang menonjol serta jauh dari imajinasi pembaca sebelum novel difilmkan. Selain itu, isi di dalam novel memuat fenomena remaja mengenai kasus perudungan yang dapat dimanfaatkan sebagai penyampaian amanat kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) menemukan bentuk ekranisasi pada alur, latar, dan tokoh dalam novel ke film Serendipity; (2) menghasilkan modul Bahasa Indonesia untuk kelas XII SMA mengenai analisis isi dan kebahasaan novel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik baca, simak, dan catat sebagai pengumpulan data, serta dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif komparatif. Penelitian ini menghasilkan 65 data ekranisasi baik penciutan, penambahan, maupun perubahan bervariasi yang diformulasikan sebagai modul pembelajaran sastra kelas XII SMA.

Kata Kunci: Ekranisasi, Novel, Film, Unsur Intrinsik


Full Text:

Untitled

References


Aniskurli, Syifa. (2020). “Ekranisasi Novel Dua Garis Biru Karya Lucia Priandarini ke Bentuk Film Dua Garis Biru Karya Gina. S. Noer dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasila Sakti, Tegal.

Armiyati, Yenni. (2018). Ekranisasi Novel Assalamualaikum Beijing ke dalam Film Assalamualaikum Beijing. Master Bahasa. 6(2), 301-310.

BS09. (2018, 11 Agustus). Penuhi Hasrat Penggemar, Novel Serendipity Diangkat ke Layar Lebar. Pesan ditulis di https://www.beritasumut.com/hiburan/Penuhi-Hasrat-Penggemar--Novel-Serendipity-Diangkat-ke-Layar-Lebar

Damono, Sapardi Djoko. (2018). Alih Wahana. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dewojati, Cahyaningrum. (2015). Sastra Populer Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Eneste, Pamusuk. (1991). Novel dan Film. Yogyakarta: PT Nusa Indah.

Fadilla, Siti; Juned. Sulaiman; Nursyirwan. (2018). Ekranisasi Novel ke Film Surga Yang Tak Dirindukan 2 dengan Kajian Interteks. Widyaparwa. 46(2), 220-230.

Febriani. Erisca. (2017). Serendipity. Jawa Barat. Inari.

H.T. Faruk. (2012). Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Masdudin, Ivan. (2011). Mengenal Dunia Film. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.

Nurgiyantoro, Burhan. (2018). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak: Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurkhasanah. (2020). “Perbandingan Novel Assalamualaikum Calon Imam Karya Madani Dengan Film Assalamualaikum Calon Imam Karya Findo Purwono (Kajian Ekranisasi)”. Tesis. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Pasca Sarjana. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Putri, Yeni., Hasanuddin, WS, Zulfadhli. (2014). Ekranisasi Cerita Novel Ayah, Mengapa Aku Berbeda? Karya Agnes Davonar dengan Film Ayah, Mengapa Aku Berbeda? Karya Sutradara Findo Purwono HW. Jurnal Bahasa dan Sastra. 2(3), 75-88

Rahman, Andi. (2016). “Ekranisasi Novel 5 cm Karya Donny Dirgantoro Terhadap Film 5 cm Karya Rizal Mantovani dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sastra di SMA”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Bahasa dan Seni, Universitas Mataram, Mataram.

Ratna, Nyoman Kutha. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rayanti, Yusmia Devy Rahma. (2019). Ekranisasi dari Novel ke Film Promise: Sebuah Kajian Sastra Bandingan. E-Journal Undip.

Samsuddin. (2016). Pengkajian Prosa Fiksi Berbasis Teori Intertekstual. Yogyakarta: Penerbit Deepublish CV Budi Utama.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v4i1.1898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.