Kearifan Lingkungan dalam Novel Amelia Karya Tere Liye dan Implementasinya sebagai Materi Ajar Sastra di SMA (Kajian Ekokritik Sastra)

Anggita Febriana Wati, Ayu Wulandari, Molas Warsi Nugraheni

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kegiatan konservasi akibat keprihatinan penulis terhadap eksploitasi alam yang direpresentasikan ke dalam karya sastra. Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh deskripsi bentuk nilai-nilai kearifan lingkungan yang terdapat dalam novel Amelia karya Tere Liye dan menghasilkan materi ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskripstif kualitatif. Data penelitian ini berupa kalimat yang mengandung nilai-nilai kearifan lingkungan yang terdapat dalam novel Amelia karya Tere Liye. Pengumpulan data menggunakan teknik baca-catat. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis teks. Hasil penelitian ditemukan sebanyak 32 data yang sesuai dengan teori milik Keraf (2010). Adapun 32 data tersebut terdiri dari 9 data sikap hormat terhadap alam, 4 data sikap bertanggung jawab terhadap alam, 3 data prinsip kasih sayang dan selaras dengan alam, 6 data prinsip tidak merugikan alam, dan 10 data prinsip hidup sederhana dan selaras dengan alam. Materi ajar yang dikembangkan dari nilai kearifan lingkungan dapat diterapkan pada KD 3.7 dan 4.7 kelas XI SMA.

Kata Kunci: ekokritik, kearifan lingkungan, novel Amelia, materi ajar


Full Text:

Untitled

References


Endraswara, S. (2016). Ekokritik Sastra. In S. Endraswara, Ekokritik Sastra (p. 1). Yogyakarta: Morfalingua.

Nurhadi, A., Setiawan, B., & Baiquni. (2012). Kearifan Lingkungan dalam Perencanaan dan Pengelolaan Hutan Wonosadi Kecamatan Ngawem Kabupaten Gunung Kidul . Jurnal Manusia dan Lingkungan Vol 15 No. 3 Universitas Gadjah Mada.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v4i1.1897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.