Materi Ajar Membaca Teks Bermuatan Kesantunan:BIPA Level I

Monica Refinanda Batu Bara, Cahyo Yusuf, Ayu Wulandari

Abstract


Belum banyak materi-ajar bermuatan kesantunan mendukung dikonstruksinya materi-ajar kesantunan yang mengacu Kurikulum Kursus dan Pelatihan BIPA Tahun 2016  fokus keterampilan membaca. Capaian-belajar keterampilan membaca BIPA Level I dalam Kurikulum ini, bahwa pelajar BIPA Level I mampu membaca nyaring teks deskriptif sederhana berkaitan dengan informasi pribadi: nama, alamat, pekerjaan, negara asal, dan keluarga. Penelitian ini bertujuan memformula materi-ajar membaca teks bermuatan kesantunan bertutur (verbal), bersikap, dan bertindak saat perkenalan diri. Metode analisis data dalam penelitian ini ialah metode padan subjenis referensial kesantunan verbal berupa persona saya yang mereferensi orang pertama dalam situasi kelas, referensial gerak pada kesantunan bersikap berupa senyuman, serta tubuh sedikit membungkuk mereferensi kesantunan bertindak. Hasil analisis data menunjukkan: (1) lima pelajar mengimplementasikan kesantunan verbal kata saya digunakan dalam situasi formal; (2) empat pelajar BIPA mengimplementasikan kesantunan bersikap tersenyum saat perkenalan diri; serta (3) tiga pelajar BIPA mengimplementasikan kesantunan bertindak menempelkan kedua telapak tangan ke dada.

Kata Kunci: Kesantunan, Kurikulum BIPA, materi-ajar membaca, dan perkenalan diri


Full Text:

Untitled

References


Kemdikbud. (2019). Upaya Internasionalisasi Bahasa Indonesia, Pemerintah Terus Kirim Tenaga Pengajar BIPA ke Luar Negeri. Diakses pada 6 Oktober 2020, dari kemdikbud.go.id

Kurniawan. (2020). 12 Pengertian Membaca Menurut Para Ahli Beserta Manfaat dan Jenisnya Lengkap. Diakses pada 8 Desember 2020, dari gurupendidikan.co.id

Maulana. (2013). Melalui Program BIPA, Bahasa Indonesia Semakin Banyak Dipelajari oleh Asing. Diakses pada 6 Oktober 2020, dari www.unpad.ac.id

Prasetiyo, E. (2015). Bahan Ajar BIPA Bermuatan Budaya Indonesia: Pengembangan Bahan Ajar BIPA Bermuatan Budaya Jawa Bagi Penutur Asing Tingkat Pemula. (Skripsi Sarjana Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 2015). Diakses dari journal.unnes.ac.id




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v4i1.1892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.