Nilai Moral dalam Novel Resign! Karya Almira Bastari Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA

Frida Nurul Hidayah, Mursia Ekawati, Irsyadi Shalima

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beraneka ragam nilai moral yang ditemukan dalam novel Resign! karya Almira Bastari. Nilai moral tersebut dapat diperoleh peserta didik dengan membaca novel Resign! karya Almira Bastari dalam pembelajaran sastra. Dengan demikian, kasus nilai moral yang terjadi pada peserta didik saat ini dapat berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan deskripsi nilai moral yang terdapat dalam novel Resign! karya Almira Bastari dan menghasilkan bahan ajar pembelajaran sastra di SMA berupa handout. Penelitian ini menggunakan desain pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa kalimat dan paragraf yang mengandung nilai moral. Pengumpulan data menggunakan teknik baca-catat. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik deskriptif. Hasil penelitian ini ditemukan lima jenis niai nilai moral di antaranya; kerja keras, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli sosial, dan tanggung jawab. Bahan ajar berupa handout disesuaikan dengan KD 3.8 dan KD 4.8 kelas XI SMA tentang novel.

Kata Kunci: nilai moral, bahan ajar, novel.


Full Text:

Untitled

References


Andi, Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Bastari, Almira. (2018). Resign!. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Budiningsih, C. A. (2013). Pembelajaran Moral Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budayanya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Cahyaningtyas, D. A. (2020). Nilai Mora dalam Novel Si Anak Badai Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar di SMA. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2018). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustofa, A., Fakhrudin, M., & Bagiya. (2018). Nilai Moral dalam Novel Maha Cinta Karya Aguk Irawan Mizan dan Relevansinnya sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di Kelas XII SMA. Jurnal Bahtera. Vol 6(51), 131-138.

Nelliani. (2020, September 2). Pandemi, Pembelajaran Digital dan Ancaman Moralitas. Aceh Journal National Network. Diakses dari https://www.ajnn.net/news/pandemi-pembelajaran-digital-dan-ancaman-moralitas/index.html pada 10 November 2020.

Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogykarta: Gadjah Mada University Press.

Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang KI KD Kurikulum 2013.

Ratna, Nyoman Kutha. (2013). Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suherli, dkk. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v4i1.1891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.