Aspek Kohesi dan Hubungan Semantis Antar Kalimat pada Paragraf dalam Abstrak Skripsi Mahasiswa PBSI Angkatan 2020 dan Formulasinya sebagai Bahan Ajar di SMA

Widya Mega Anggara, Hari Wahyono, Molas Warsi Nugraheni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh deskripsi aspek-aspek kohesi hubungan antarkalimat yang terdapat pada paragraf dalam abstrak skripsi mahasiswa PBSI angkatan 2020; (2) memperoleh deskripsi hubungan semantis (koherensi) antarkalimat yang terdapat pada paragraf dalam abstrak skripsi mahasiswa PBSI angkatan 2020; (3) menghasilkan bahan ajar kebahasaan berdasarkan analisis kohesi dan hubungan semantis pada paragraf dalam abstrak skripsi mahasiswa PBSI angkatan 2020. Metode pengumpulan data pada penelitian ini ialah metode simak-catat. Sedangkan, metode analisis data menggunakan metode agih yang dilanjutkan dengan teknik BUL. Sumber data penilitian ini ialah kumpulan abstrak skripsi mahasiswa PBSI angkatanm 2020 sejumlah 20 abstrak. Kumpulan abstrak tersebut dipilih secara acak (random sampling). Hasil penelitian ini berupa tiga aspek kohesi gramatikal, tiga aspek kohesi leksikal, dan lima aspek hubungan semantis. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai formulasi bahan ajar yaitu handout yang memuat materi karya ilmiah pada kelas XI di SMA.

Kata Kunci: abstrak, kohesi, hubungan semantis


Full Text:

Untitled

References


Agustina, A. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Menerapkan Bahan Ajar di SMA Negeri 3 Ogan Komering Ulu. Jurnal Educative Volume 3 Nomor 1.

Fitriani, D., Sunarti, I., & Riadi, B. (2018). Jenis Struktur dan Pola Pengembangan Paragraf Buku Teks Bahasa Indonesia dan Implikasinya. Jurnal Kata PBSI FKIP Unila Vol 1 No 2.

Gani. (2016). Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Konawe Selatan . Jurnal Humanika vol 1 nomor 16.

Kusumam, A., Mukhidin, & Hasan, B. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk SMK . Jurnal Repository Universitas Pendidikan Indonesia Vol 1 No 2.

Lidwina, S. (2013). Penulisan Paragraf dalam Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal STIE Semarang Vol 5 No 1.

Mulyana. (2005). Kajian Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif . Yogyakarta : DIVA Press.

Sobandi. (2016). Mandiri Bahasa Indoesia untuk SMA/MA kelas XI. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Suherli, M. S. (2018). Bahasa Indonesia Studi dan Pengajaran. Depok: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Sumarlam. (2008). Analisis Wacana. Solo: Pustaka Cakra.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v4i1.1889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.