Dekonstruksi Tokoh Kompleks Franklin Clarke dalam Novel Pembunuhan ABC karya Agatha Christie sebagai Materi Ajar Sastra di SMA

Gerry Aby Althalarik, Fransiscus Xaverius Samingin, Imam Baihaqi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendekatan struktural yang dinilai fundamental dan tidak mau menerima aspek-aspek yang mempengaruhi terbentuknya hasil tulisan yang utuh. Kelemahan pendekatan tersebut dapat ditinjau dari pengkajian beberapa aspek yang membangun   karya    sastra, salah satunya ialah tokoh. Pengkajian tokoh menggunakan pendekatan struktural   mempunyai   kelemahan karena hanya dapat mengkaji satu sisi kehidupannya saja.  Kenyataannya, setiap manusia mempunyai dua sisi kehidupan. Sisi yang pertama ialah sisi baik dan yang kedua ialah sisi buruk.  Oleh karena itu, muncullah teori dekonstruksi sastra. Pendekatan dekonstruksi muncul untuk mengkaji makna tersembunyi di balik penangkapan struktural. Sumber data yang telah dianalisis menggunakan pendekatan dekonstruksi ialah novel Pembunuhan ABC karya Agatha Christie. Tujuan  penelitian ini yaitu: (1)  mendeskripsikan dekonstruksi tokoh kompleks Franklin Clarke pada  novel Pembunuhan  ABC karya  Agatha Christie dan  (2)  menyusun materi ajar  sastra di SMA menggunakan dekonstruksi tokoh  kompleks Franklin Clarke dalam novel Pembunuhan  ABC karya  Agatha Christie. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan data berupa dialog, narasi berupa kalimat, dan paragraf yang mengandung dekonstruksi karakter tokoh Franklin Clarke.  Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah metode studi pustaka dengan teknik kartu data, sedangkan untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif dengan teknik analisis teks. Hasil dari penelitian ini berupa deskripsi-deskripsi tentang dekonstruksi tokoh kompleks yang tersembunyi di dalam teks.  Hasil tersebut kemudian dijadikan formula untuk menyusun bahan ajar supaya dapat dipelajari oleh siswa SMA, terutama kelas XII pada KD 3.9 dan 4.9.

Kata Kunci: dekonstruksi, tokoh  kompleks, Pembunuhan  ABC, Agatha Christie, materi pembelajaran sastra di SMA.


Full Text:

Untitled

References


Abrams. (1953). The mirror and the lamps. New York: Oxford University Press.

Christie, Agatha. (1988). Pembunuhan abc. Jakarta: PT Gramedia.

Daryanto. (2013). Menyusun modul: bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Erlina, Yanis, Ani Rakhmawati, dan Budhi Setiawan. (2013). Kajian psikologi sastra, nilai pendidikan, dan relevansinya sebagai materi ajar sastra di sma pada novel ayah menyayangi tanpa akhir karya kirana kejora dalam BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume 4 Nomor 1.

Fajrin, Hasina. (2011). Dekonstruksi dalam novel laskar pelangi dalam Sawerigading Volume 17 Nomor 2.

Gafur, Abdul. (2012). Desain pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Harahap, Evi Marlina. (2018). Dekonstruksi novel maryam karya okky madasari. Tesis. Universitas Gadjah Mada.

Hikmat, Mahi. (2011). Metode penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Imron, Ali. (2015). Dekonstruksi kultural terhadap feminisme dan

dekonstruksi feminis terhadap kultur dalam cerpen malam pertama seorang pendeta dalam Jurnal Transformatika Volume

Nomor 2.

Mashuri. (2013). Dekonstruksi wayang dalam novel durga umayi dalam Jurnal Poetika Volume 1 Nomor 1.

Nurgiyantoro, Burhan. (2014). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah

Mada University Press.

Norris, Christopher. (2006). Membongkar teori dekonstruksi jacques derrida. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Oetomo, Ayu Mauliddina. (2014). Dekonstruksi toshiko sebagai tokoh tambahan dalam novel kagi karya tanizaki jun’ichirou. Skripsi. Universitas Brawijaya.

Pradopo, Rahmad Djoko. (1987). Pengkajian puisi: analisis sastra norma dan analisis struktur dan semantik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pujiyanti, Fariska. (2010). Dekonstruksi dominasi laki-laki dalam novel the da vinci code karya dan brown. Tesis. Universitas Diponegoro.

Ramadhani, Syafitri. (2018). Analisis dekonstruksi tokoh utama novel salah asuhan karya abdoel moeis. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Ratna, Nyoman Kutha. (2015). Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riviyani, Novita. (2019). Dekonstruksi karakter tokoh doni dan helen dalam novel di tanah lada karya ziggy zezsyazeoviennazabriezkie dan implementasi pembelajarannya di sma. Skripsi. Universitas Tidar.

Siswantoro. (2010). Metode penelitian sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Utama, A. M. Bandi. (2011). Pembentukan karakter anak melalui aktivitas bermain dalam pendidikan jasmani dalam Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 8 Nomor 1.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v3i2.1034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.