Karakter Tokoh Utama dalam Novel Guru, Hidupmu Hanya Untuk Kami karya Eidelweis Almira sebagai Materi Ajar Sastra di SMA

Rizky Dian Safitri, Fransiscus Xaverius Samingin, Fifit Firmadani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi berbagai karakter tokoh utama yang terkandung dalam novel Guru, Hidupmu Hanya untuk Kami karya Eidelweis Almira dan memperoleh materi ajar sastra yang dikembangkan dari hasil penelitian ini. Skripsi yang berjudul Karakter Tokoh Utama dalam Novel Guru, Hidupmu Hanya untuk Kami Karya Eidelweis Almira sebagai Materi Ajar Sastra di SMA dilatar belakangi karena karakter tokoh utama dalam novel dapat digunakan sebagai materi sastra di SMA. Dipilihnya topik karakter tokoh utama dalam penelitian ini karena erat kaitannya dengan KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel. Selain itu, untuk mengaitkan kajian karakter tokoh utama dalam novel menjadi sebuah materi ajar sastra yang menarik dan menekankan nilai pendidikan karakter untuk siswa SMA. Tujuan penelitian ini adalah (1) Memperoleh deskripsi berbagai karakter tokoh utama  dalam novel Guru, Hidupmu Hanya untuk Kamisebagai materi ajar sastra di SMA (2) Memperoleh materi ajar sastra di SMA yang dikembangkan dari novel Guru, Hidupmu Hanya untuk Kami. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra. Sumber datanya berasal dari novel Guru, Hidupmu Hanya untuk Kami karya Eidelweis Almira. Objek datanya adalah pada karakter tokoh utama dalam novel Guru, Hidupmu Hanya untuk Kami karya Eidelweis Almira. Wujud data dalam penelitian ini adalah kalimat yang menunjukan karakter tokoh utama dalam novel Guru, Hidupmu Hanya untuk Kami karya Eidelweis Almira. Metode penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka dan teknik penyediaan data yang digunakan adalah teknik catat. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh simpulan tentang karakter tokoh utama dalam Novel Guru, Hidupmu Hanya untuk Kami karya Eidelweis Almira. Pada penelitian ini menunjukkan dua karakter yang dimiliki oleh tokoh utama: (1) sanguinis, (2) phlagmatis. Peneliti telah menyusun materi ajar sesuai dengan silabus kurikulum 2013 bahasa Indonesia kelas XII. Materi ajar tersebut berbentuk brosur berisi tentang karakter tokoh utama dalam novel. Peneliti menggunakan Kompetensi Dasar (KD) 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan penelitian selanjutnya, dan dapat digunakan sebagai materi ajar sastra di SMA.

Kata Kunci      :  Karakter tokoh utama dan novel Guru, Hidupmu Hanya untuk Kami.


Full Text:

Untitled

References


Almira, Eidelweis. (2013). Guru, Hidupmu Hanya Untuk Kami. Jakarta: Zettu.

KBBI. (2014). Cetakan ke IV Juli 2012. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ismawati, Esti. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Kemdikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK. Jakarta: Kemdikbud.

Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: PT RajaGrafindon Persada.

Moleong, J.Lexy. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sujanto, Agus. (2016). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryabrata, Sumadi. (2016). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v3i2.1030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.