Nilai-Nilai Perjuangan Tokoh Utama dalam Novel Dunia Samin Karya Soesilo Toer: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasinya sebagai Materi Ajar Pembelajaran Sastra di SMA

Mohammad Zainal Arifin, Yulia Esti Katrini, Theresia Pinaka Ratna Ning Hapsari

Abstract


Karya sastra termasuk novel mengandung nilai-nilai kehidupan yang berguna bagi pembaca, salah satunya nilai-nilai perjuangan. Nilai perjuangan merupakan tingkat atau derajat yang diinginkan manusia dengan usaha penuh kesukaran. Penelitian ini dilaterbelakangi adanya nilai-nilai perjuangan yang terkandung dalam novel Dunia Samin karya Soesilo Toer. Nilai-nilai perjuangan tersebut dapat menunjang pembentukan watak dan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai perjuangan tokoh utama dalam novel Dunia Samin karya Soesilo Toer dan mengimplementasikan hasil penelitian tersebut sebagai referensi materi ajar dalam pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu metode simak dan teknik catat. Metode yang digunakan dalam menganalisis data yaitu metode deskriptif analitik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis teks. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Nilai-nilai perjuangan yang dimiliki tokoh utama berupa 3 data nilai rela berkorban, 4 data nilai persatuan, 3 data nilai harga-menghargai, 5 data nilai sabar dan semangat pantang menyerah, dan nilai kerja sama terdapat 4 data. (2) Hasil penelitian yang diperoleh dapat dijadikan sebagai referensi pembuatan materi ajar pembelajaran sastra di SMA. Materi ajar tersebut terdapat pada KD (Kompetensi Dasar) kelas XII 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel, 4.9 merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan kebahasaan.

Kata Kunci: Nilai-nilai perjuangan, novel Dunia Samin, sosiologi sastra,  materi ajar.


Full Text:

Untitled

References


Afandi, A. H. (2012). Aspek Moral dalam Novel Kereta Api Terakhir Karya Pandir Kelana dan Implementasi Pengajarannya di SMA. Skripsi. Universitas Tidar.

Endraswara, S. (2003). Metodologi Penelitian Sastra Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Medpress.

Faruk. (1999). Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ibrahim, R & Syaodih, N. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ismawati, E. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.

Joyomartono, M. (1990). Jiwa, Semangat, dan Nilai-Nilai Perjuangan Bangsa Indonesia. Semarang: IKIP Semarang Press.

Mahayana, M.S. (2015). Kitab Kritik sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Margono, A. (2015). Perjuangan Kesetaraan Gender Tokoh Wanita pada Novel-Novel Karya Abidah El Khalieqy. Jurnal Seloka. Vol. 4. No 1. Universitas Negeri Semarang. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/6850

Ratna, N.K. (2013). Paradigma Sosiologi Sastra. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Ratna, N.K. (2015). Teori, Metode, dan Tenik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sabarudun, L.O. (2016). Perjuangan Tokoh Utama dalam Novel 2 Karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Humanika Vol. 1. No 16. Universitas Halu Oleo.

Sanusi, A. (2015) Sistem Nilai: Alternatif Wajah-wajah Pendidikan. Bandung: Nuansa Cendikia.

Sephia, K. (2017). Nilai-Nilai Perjuangan Tokoh Utama dalam Novel Penjaga Mata Air karya Hidayat Banjar : Analisis Sosiologi Sastra. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Sudaryanto. (2018). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sudjiman, P. (1991). Memahami Cerita Rekaan. Bandung: Pustaka Jaya.

Sugiono. (2009). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyanti. (2016) Implementasi Nilai-nilai Perjuangan Diponegoro dalam Pembelajaran IPS di SD Diponegoro. Jurnal Premiere Educandum Vol. 6. No. 1. IKIP PGRI Madiun.

Takwim, S.A. (2014). Nilai-Nilai Perjuangan Hidup dalam Novel Kembang Turi Karya Budi Sardjono. Skripsi. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sumenep.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v3i2.1028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.