Pola Pikir Koplak dalam Novel Koplak karya Oka Rusmini dan Formulasinya sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra di SMA
Abstract
Skripsi yang berjudul Pola Pikir Koplak dalam Novel Koplak karya Oka Rusmini dan Formulasinya sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra di SMA ini dilatarbelakangi oleh pola pikir yang dialami oleh tokoh utama. Pola pikir yang dialami oleh Koplak merupakan pola pikir yang digunakan oleh masyarakat pada umumnya yaitu secara logis, realistis, dan kritis. Selain itu dalam menyampaikan pemikiran-pemikiran tersebut disajikan secara karikatural. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pola pikir Koplak tokoh utama dalam novel Koplak dan (2) memperoleh materi ajar tentang pola pikir tokoh utama dalam pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra dengan teori kategori wilayah pikir Sigmund Freud. Penyediaan data penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dan dengan menggunakan teknik kartu data sekunder berupa teks baik dalam kata, kalimat, dan paragraf. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan teknik analisis yang disesuaikan dengan metode analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 57 data dari 6 pola pikir yang dialami oleh Koplak. Dari ke-6 pola pikir yang ditemukan ini terdiri dari 8 data pola pikir tidak logis, 3 data pola pikir tidak realistis, 14 data pola pikir logis, 22 data pola pikir realistis, 4 pola pikir berdasarkan suara hati, dan 6 data pola pikir berdasarkan ego ideal. Dari hasil penelitian ini yang berupa deskripsi pola pikir tokoh utama dapat dijadikan sebagai materi ajar apresiasi sastra yang meliputi novel, unsur intrinsik dan unsuk ekstrinsik novel, dan kategori wilayah pikir serta bentuk-bentuk pola pikir tokoh utama dalam novel yang disesuaikan dengan KD 3.9 di kelas XII SMA.
Kata Kunci: Pola pikir, materi ajar, psikologi sastra
References
Dweck, Carol S. 2016. Mindset Mengerti Kekuatan Pola Pikir untuk Perubahan Besar dalam Hidup Anda. Tangerang: PT. Bentara Askara Cahaya
Feist, Jess dan Gregory J. Feist. 2010. Teori Kepribadian (Theory of Personality). Jakarta: Salemba Humanika.
Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajain Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Rahmanto, 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius
Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Teori, Metode, dan Tekni Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rusmini, Oka. 2019. Koplak, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana
Indonesia Sugiyono, 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Wellek, Rene dan Austin Warren. 1989. Teori Kesusastraan. Melani Budianta, penerjemah Jakarta: PT. Gramedia