Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Sempoa Kosakata untuk Meningkatkan Kemampuan Sintaksis Siswa Kelas III SD

Siti Kholishotul Ilmiah, Mimi Mulyani, Ayu Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan model discovery learning menggunakan sempoa kosakata untuk meningkatkan kemampuan sintaksis siswa kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Data dalam penelitian ini berupa lembar kuesioner dan wawancara. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa di enam sekolah dasar (SD) yang tersebar pada tiga kecamatan di wilayah Kota Magelang. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif deskriptif dan kualitatif deskriptif. Analisis ini dimulai dengan mengubah penilaian dalam bentuk kualitatif menjadi kuantitatif sehingga diperoleh skor. Lalu menghitung skor rata-rata, mengubah skor rata-rata menjadi kualitatif, kemudian memaparkan data, pembahasan hasil penelitian, serta menyimpulkan.

Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut : (1) berdasarkan analisis kebutuhan, model pembelajaran yang diharapkan oleh siswa maupun guru merupakan model yang melibatkan siswa secara aktif dan menumbuhkan rasa ingin tahu siswa untuk menemukan sesuatu. Sementara media pembelajaran yang dibutuhkan merupakan media yang murah, menarik, mudah digunakan, serta dapat menambah perbendaharaan kosakata siswa. (2) Prinsip penyusunan model pembelajaran terdiri atas prinsip motivasi, prinsip pengalaman, prinsip penemuan, prinsip kooperatif, prinsip kebahasaan, dan prinsip pengulangan. (3) Pengembangan model pembelajaran discovery learning menggunakan media sempoa kosakata menghasilkan produk berupa model dan media pembelajaran yang direalisasikan dalam bentuk buku panduan model. Model yang dihasilkan telah divalidasi oleh ahli model dengan rentang skor 1-5 dan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 4,61. Sementara validasi  dari ahli materi memiliki rata-rata niali sebesar 4,87.

Kata Kunci: Discovery learning, pengembangan, sempoa kosakata


Full Text:

Untitled

References


Tarigan, H. G. (1985). Pengajaran sintaksis. Bandung : Angkasa.

Devega, E. (2017). Teknologi masyarakat Indonesia: malas baca tapi cerewet di medsos. Retrieved from: https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-Indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media

Gipayana, M. (2004). Pengajaran literasi dan penilaian portofolio dalam konteks pembelajaran menulis di SD. Jurnal Ilmu Pendidikan.11(1), 59-70. Retrived from: https://www.researchgate.net/publication/307705346_Pengajaran_Literasi_dan_Penilaian_Portofolio_dalam_Konteks_Pembelajaran_Menulis_di_SD/fulltext/57d8cdcc08ae601b39afb267/307705346_Pengajaran_Literasi_dan_Penilaian_Portofolio_dalam_Konteks_Pembelajaran_Menulis_di_SD.pdf?inViewer=0&pdfJsDownload=0

Almana, E.S., & Santa, A. M. (2019). Pengaruh kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi. Jurnal Dwija Cendekia. 3(1), 80 - 92. Retrived from: https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/33920

Lestari, R. D., Mulyani, M., & Subyantoro. (2016). Pengembangan model pembelajaran induktif dengan media gambar seri yang bermuatan nilai karakter untuk meningkatkan kompetensi menulis paragraf siswa kelas III. Jurnal Lingua. 12(1), 52 - 62. Retrieved from: https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr9KRWN6_pdDasAapJXNyoA;_ylu=X3oDMTEydTVkajVpBGNvbG8DZ3ExBHBvcwMxBHZ0aWQDQjY4MzNfMQRzZWMDc3I/RV=2/RE=1576754189/RO=10/RU=https%3a%2f%2fjournal.unnes.ac.id%2fnju%2findex.php%2flingua%2farticle%2fview%2f8692/RK=2/RS=YViXlkDh0gC.CFo6tkVIu_H8mZc-

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hanafi. (2010). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono,. (2019). Metode penelitian & pengembangan research and development. Bandung : Penerbit Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v3i1.1020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.