Ragam Konotasi Kolektif pada Kalimat Majemuk Setara dalam Kumpulan Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari
Abstract
Dalam berkomunikasi sehari-hari, kita perlu memahami kata-kata yang terucap, baik yang diucapkan si penutur maupun mitra tutur. Hal tersebut penting untuk diperhatikan karena kata-kata atau ungkapan-ungkapan dapat menimbulkan nilai rasa (makna) yang beragam. Rumusan masalah penelitian ini,yakni apa sajakah ragam konotasi kolektif yang terdapat pada kalimat majemuk setara dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari?. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi ragam konotasi kolektif yang terdapat pada kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari. Data penelitian ini diperoleh menggunakan metode simak dan teknik catat. Metode dan teknik analisis data menggunakan metode agih dan teknik bagi unsur langsung (BUL). Hasil penelitian ini menunjukkan ragam konotasi kolektif berupa (1) konotasi kolektif tunggal pada kalimat setara, (2) konotasi kolektif ganda pada kalimat setara, (3) gabungan tiga konotasi kolektif pada kalimat majemuk setara, (4) gabungan empat konotasi kolektif pada kalimat majemuk setara.
Kata Kunci: ragam konotasi kolektif, kalimat majemuk setara, kumpulan cerpen Senyum Karyamin
References
Agustina, Nova Dwi. (2016). “Analisis Penggunaan Makna Denotatif dan Konotatif pada Penulisan Berita Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Ngrampal Sragen”. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrived from: http://eprints.ums.ac.id/48905/
Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Darsono, Fera Anggita. (2018). “Ragam Konotasi Kolektif dalam kalimat Deklaratif pada Stand Up Comedy Raditya Dika dan Formulasinya sebagai bahan ajar di SMA”. Skripsi. Magelang: Universitas Tidar.
Djadjasudarma, T. F. (1993). Semantik 1 Pengantar ke Arah Ilmu Makna. Bandung: PT Eresco.
Keraf, Gorys. (1985). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kurniawan, Heru, Sutardi. (2012). Penulisan Kreaif Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Tohari, A. (1991). Senyum Karyamin. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Semantik. Bandung: Angkasa.