Tindak Tutur Asertif dan Formula Materi Ajar

Wahyuni Asri Minarti, Cahyo yusuf, Asri Wijayanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman mitra tutur dalam menerima serta merespons tuturan karena tuturan yang bersifat tersirat. Tujuan penelitian ini ialah (1) mendeskripsikan tipe tindak tutur asertif dalam dialog penjual dan pembeli di Pasar Kebon Watu Gede, dan (2) memformulasikan materi ajar tindak tutur asertif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup pragmatik, tindak tutur, tindak tutur asertif, dan pengajaran bahasa. Metode pengumpulan data penelitian ini ialah metode simak dengan teknik rekam dan teknik catat, sedangkan metode analisis data penelitian ini ialah metode padan dengan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP). Hasil penelitian ini ialah (1) tindak tutur asertif tipe memberitahukan; (2) tindak tutur asertif tipe menyarankan; dan (3) tindak tutur asertif tipe mengeluh. Hasil penelitian ini diformulasi menjadi materi ajar, unsur kebahasaan teks negosiasi dalam Kompetensi Dasar 3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis dan 4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis.

Kata Kunci: Tindak Tutur Asertif, Tipe Tuturan Asertif, Materi Ajar


Full Text:

Untitled

References


Agustina, L. & Chaer. A. 2014. Sosiolinguistik Perkenalan Awal.Jakarta: Rineka Cipta

Apriyanti, L. 2017. Tindak Tutur Asertif Penjual dan Pembeli di Pasar Tempel Rajabasa Bandar Lampung dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.Skripsi. Universitas Lampung

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Danuarta, A.K. 2013. Analisis Tindak Tutur Antara Penjual dan Pembeli di Pasar Cepogo Boyolali: Kajian Pragmatik. Skripsi.Universitas Muhammadiyah Surakarta

Dardjowidjojo, S. 2014. Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Etikasari, D. 2012. Tindak Tutur Direktif dalam Wacana Kelas (Kajian Mikroetnografi terhadap Bahaa Guru). Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Isnaniah.2015. Tindak Tutur dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Ujung Murung Banjarmasin Kalimantan Selatan.Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, volume 5, nomor 2

Khasanah, N, Riadi, B., dan Sumarti. 2017. Tindak Tutur Komisif Pedagang Perempuan di Pasar Induk Bandar Jaya dan Implikasinya.Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) volume 5, nomor 4.

Kolamiah, S. 2011. Analisis Tindak Tutur Ilokusi uru Bahasa Indonesia dalam Interaksi Belajar Mengajar Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali.Skripsi.Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Leech, G. 2015. Prinsip-prinsip Pragmatik.Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Mustofa, A., Rusminto, N. E., & Triwahyuni, S. 2019. Tindak Tutur Komisif Penjual dan Pembeli di Pasar Tradisional Gunung Batu Tanggamus. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) volume 7, nomor 1.

Novitasari, D. 2015. Kesantunan Asertif dalam Bidang Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).Skripsi.Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Oktavianus. 2006. Analisis Wacana Lintas Bahasa. Padang: Andalas University Press.

Rahardi, K. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rahma, A.N. 2014.Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Dialog Film Animasi Meraih Mimpi. Jurnal Skriptorium, volume 2, nomor 2.

Rohmadi, M. & Wijana, D. P. 2011. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis.Surakarta: Yuma Pustaka.

Sudaryanto. 2016. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Tarigan, H. G. 1986. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Wijana, D. P. 1996. Dasar-dasar Pragmatik.Yogyakarta: Andi.

Yule, G. 2006. Pragmatik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.31002/repetisi.v3i1.1016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.