PERBANDINGAN AGENDA MEDIA PADA KORAN JAWA POS, KEDAULATAN RAKYAT, DAN SUARA MERDEKA (TANGGAL 10–18 JUNI 2019)

Fariha Husna Zahra

Abstract


Koran merupakan salah satu alat komunikasi massa sekaligus sumber informasi bagi masyarakat. Namun saat ini, dalam menyampaikan informasi, koran seringkali menyuguhkan informasi yang telah disesuaikan dengan apa yang menjadi prioritasnya. Hal tersebut kemudian disebut sebagai Agenda Media yang merupakan bagian dari Agenda Setting yang berpengauh terhadap pembentukan Opini Publik. Melihat peristiwa tersebut, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apa saja yang menjadi Agenda Media pada ketiga merek koran, dan apa yang memengaruhi terjadinya hal tersebut. Melalui penelitian yang dilakukan dengan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif, peneliti berhasil mengumpulkan data dari tiga merek koran (tanggal 10–18 Juni 2019). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga merek koran memiliki Agenda Media yang berbeda-beda. Perbedaan ini disebabkan oleh adanya peristiwa Ekonomi Politik Media yang disetir oleh kaum elite.


Full Text:

PDF

References


Baran, Stanley J., dan Dennis K. Davis. 2013. Mass Communication Theory: Foundations, Ferment, and Future (Seventh Edition). Amerika Serikat: Cengage Learning.

Halik, Abdul. (2013). Komunikasi Massa. Makassar: Alauddin University Press.

Littlejohn, Stephen W., dan Karen A. Foss. (2011). Theories of Human Communication (Tenth Edition). Amerika Serikat: Waveland Press.

Sarwono, Billy K., dkk. (2015). Komunikasi Massa (Edisi 3). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Suryana. (2010). Metodologi Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

West, Richard, dan Lynn H. Turner. (2007). Introducing Communication Theory (3rd Edition): Analisist and Application, atau terj. Pengantar Teori Komunikasi (Edisi 5, Buku 2) Analisis dan Aplikasi. Harya Bhimasena dan Gisella Tani Pratiwi. Jakarta: Salemba Humanika.

Jawa Pos. (2019, 10–18 Juni 2019). Halaman Pertama Jawa Pos. Koran Jawa Pos, hal. 1.

Kedaulatan Rakyat. (2019, 10–18 Juni 2019). Halaman Pertama Kedaulatan Rakyat. Koran Kedaulatan Rakyat, hal. 1.

Suara Merdeka. (2019, 10–18 Juni 2019). Halaman Pertama Suara Merdeka. Koran Suara Merdeka, hal. 1.

Dewan Pers Indonesia. (2011). “Profesionalisme, Sejarah, dan Masa Depan Pers Daerah”. Jurnal Dewan Pers, Vol. 5. No. 1.

F., Miftahul Habib. (2017). “Pers dan Bangkitnya Kesadaran Nasional Indonesia pada Awal Abad XX”. Jurnal Pendidikan dan Sejarah, Vol. 12. No. 2.

Fadillah, Katherine Eva. (2015). “Agenda Media dalam Yellow Newspaper (Analisis Isi Berita Kriminalitas pada Halaman Pertama dalam Surat Kabar Pos Kota Edisi Juni 2015)”. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Manulong, Diana Patricia. (2012). “Representasi Agenda Media dalam Surat Kabar Nasional (Sebuah Analisis Isu-Isu Lingkungan dalam Kompas dan Koran Tempo”. Skripsi Universitas Indonesia.

Sucahya, Media. (2013). “Ruang Publik dan Ekonomi Politik Media”. Jurnal Komunikasi Vol. 2. No. 2.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. kemdikbud.go.id : https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/agenda.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. kemdikbud.go.id : https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/media.

Raily, Michael. (2017, Desember 7). Nielsen: Pembaca Media Digital Sudah Lampaui Media Cetak, katadata.co.id : https://katadata.co.id/berita/2017/12/07/nielsen-pembaca-media-digital-sudah-lampaui-media-cetak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Mozaik Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.