EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL TIKTOK DESTINASI WISATA ALAM YOGYAKARTA TERHADAP MINAT KUNJUNG WISATAWAN REMAJA (STUDI AKUN TIKTOK @DOLAN.AJA)

Yessy Cahyaningsih

Abstract


Perkembangan teknologi yang terus meningkat menjadi sebuah sarana majunya sebuah informasi dan komunikasi yang sangat luas bagi seluruh lapisan masyarakat dengan jejaring Internet. Seperti adanya sosial media yang menjadi sarana dapat menghubungkan seluruh manusia di dunia untuk terhubung satu sama yang lainnya. Aplikasi TikTok sebagai salah satu sosial media yang saling memberikan informasi melalui sebuah video atau konten yang dibagikan. Kategori konten travelling dijadikan referensi bagi masyarakat dalam mencari tempat destinasi wisata seperti pada akun TikTok @dolan.aja. Dengan konten-konten yang dibagikan oleh akun @dolan.aja di TikTok dapat menjadi sebuah referensi kunjungan pengguna TikTok yang akan berkunjung ke Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan seberapa efektivitas media social Tiktok destinasi wisata alam di Yogyakarta terhadap minat kunjung wisatawan remaja. Dengan adanya media sosial Tiktok, berpotensi menimbulkan dampak positif yang mana semakin terexposenya destinasi wisata alam di Yogyakarta. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini dengan populasi sebanyak 3.000 orang dan sampel sebanyak 100 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner pada group ‘Dolan Yuk’. Dari data yang berhasil dikumpulkan dan analisis data uji linearitas mendapatkan bahwa ada hubungan yang linear secara signifikan (Sig > 0,05) antara media sosial Tiktok destinasi wisata alam Yogyakarta terhadap minat kunjung wisatawan remaja.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Mozaik Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.