EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @MAGELANG TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI

Zahratul Istifaizzah, Dita Febriani, Ulfka Mirza Syaifullah

Abstract


Abstract

Instagram social media provides information needed by audiences. The information needs of audiences are diverse and must be met. The effectiveness of the information conveyed depends on the sender and recipient of the message. This study discusses how effective the use of social media Instagram @magelang is in fulfilling information needs, using the uses and gratification theory to see the needs of audiences in choosing media. Quantitative research methods were used in research with a population of 205 thousand. So that the sample size found using the Slovin formula obtained a total of 100 samples. The results obtained showed that there was a positive relationship between the two variables using the social media account Instagram @magelang towards fulfilling information needs by 37.3%.

Keywords: Use of Instagram Social Media, Fulfillment of Information Needs, Uses and Gratification

Abstrak

Media sosial Instagram memberikan informasi yang dibutuhkan oleh khalayak. Kebutuhan informasi khalayak sangatlah beragam dan harus dipenuhi. Efektif tidaknya informasi yang disampaikan bergantung pada pengirim dan penerima pesan. Penelitian ini membahas mengenai seberapa besar efektivitas penggunaan media sosial Instagram @magelang terhadap pemenuhan kebutuhan informasi, dengan menggunakan teori uses and gratification guna melihat kebutuhan khalayak dalam memilih media. Metode penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian dengan populasi sebanyak 205 ribu. Sehingga besaran sampel yang ditemukan menggunakan rumus Slovin diperoleh jumlah 100 sampel. Diperoleh hasil, terdapat hubungan positif dari kedua variabel penggunaan media sosial akun Instagram @magelang terhadap pemenuhan kebutuhan informasi sebesar 37,3%.

Kata kunci: Penggunaan Media Sosial Instagram, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Uses and Gratification


Full Text:

PDF

References


Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Severin, W. J., & Tankard, J. W. (2001). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terpaan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sitompul, P., Mahmudah, D., & Damanik, M. P. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Ketenagakerjaan

Di Kalangan Angkatan Kerja Muda Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media Vol. 25 No. 2, 203-222.

Feroza, C. S. B., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan Media Sosial

Instagram Pada Akun @Yhoophii_official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, Vol. 14 No. 1, 32-41

Candra, M. F. (2022). Efektivitas Youtube Sebagai Media Promosi

Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Unpas. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 5 No. 2, 231-236.

Riyanto, Andi Dwi. 9 September 2022. Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. https://andi.link/hootsuite-we-aresocial-indonesian-digital-report-2022/

Karnadi, A. 9 September 2022. Pengguna Internet di Indonesia Capai

Juta pada 2022. Retrieved from dataindonesia.id: https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-internet-diindonesia-capai-205-juta-pada-2022


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Mozaik Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.