PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI SMARTPHONE TERHADAP PERILAKU “ALONE TOGETHER” MAHASISWA
Abstract
Abstract
Smartphones for Tidar University Communication Studies students function to increase student knowledge and creativity. However, based on direct observation, there is a discrepancy in the form of many students who are engrossed in their respective smartphones during lectures and in social circles. The purpose of this study was to find out how much influence smartphone communication media has on the behavior of "alone together" students of the Tidar University Communication Studies study program. This study used a quantitative method, non-probability sampling, by means of quota sampling. The results showed that Fcount = 3.198 with a significant level of 0.077> 0.05, so there was no effect of the use of smartphone communication media (X) on the behavior of "alone with" students of Communication Studies at Tidar University (Y).
Keywords: Smartphone, Alone Together, Uses and Effects Theory
Abstrak
Smartphone bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan dan kreatifitas mahasiswa. Namun berdasarkan pengamatan secara langsung, terdapat ketidaksesuaian berupa banyak mahasiswa/i yang asyik dengan smartphone masing-masing saat perkuliahan maupun dalam pergaulan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media komunikasi smartphone terhadap perilaku “alone together” mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Tidar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif, nontipropability sampling dengan cara sampling kuota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fhitung = 3,198 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,077>0,05, maka tidak ada pengaruh penggunaan media komunikasi smartphone (X) terhadap perilaku “alone together” mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar (Y).
Kata Kunci: Smartphone, Alone Together, Uses and Effects Theory
References
Daftar Pustaka
Azam, M. (2019). Pengertian Android Beserta Sejarah, Kelebihan dan Kekurangannya. 619–620.
Evisya, F. D. (2021). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Pembentukan Budaya Alone Together Dengan Perilaku Komunikasi Sebagai Variabel Intervening Di IPNU-IPPNU Kabupaten Tegal [Universitas Islam Sultan Agung]. http://repository.unissula.ac.id/22903/
Firmawati. (2014). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Pemenuhan Sumber Pembelajaran Pkn. 35–48.
Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 79. https://doi.org/10.14710/interaksi.7.2.79-86
https:///kbbi.kemdikbud.go.id/entri/gadget
Huda, M. N. (2017). Gadget dan Media Exposure. https://binus.ac.id/malang/2017/10/gadget-dan-media-exposure/
Imran, H. A. (2014). Pola Penggunaan Media Komunikasi. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 17(1), 1. https://doi.org/10.31445/jskm.2013.170101
Khalwani, K., & Nurizzati, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Komunikasi (Smartphone) Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa. Jurnal Eduekos, VIII(1).
Morisson. (2008). Manajemen Public Relations Strategi Menjadi Humas Profesional. Kencana.
Mussardo, G. (2019). Sumber Data Penelitian. Statistical Field Theor, 53(9), 1689–1699.
Paramita, R. W. D., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Buku Ajar Perkuliahan mMetodologi Penelitian Bagai Mahasiswa Akuntansi & Manajemen. Widya Gama Press.
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645
Putri, A. R. (2022). Dampak Gadget Terhadap Perilaku Alone Together. Jurnal Kopis, 04(02), 116. https://www.ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/kopis/article/view/2309/1028
Saleh, G., & Pitriani, R. (2018). Pengaruh Media Sosial Instagram dan WhatsApp Terhadap Pembentukan Budaya “Alone Together.” Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 104.
Sari, A. A. M. A. P., Lestari, N. N. A. R., Citrayanti, N. P. Y., & Doni, I. W. (2019). Komponen Komunikasi. https://www.academia.edu/38653615/KOMPONEN_KOMUNIKASI
Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Tterhadap Budaya. Jurnal SIMBOLIKA, 4(1), 1. https://www.ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika/article/download/1474/1441
Syaifudin, F. (2019). Media Komunikasi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Prestasi Studi. Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Suarabaya, 31–48.
Tambunan, N. (2018). Pengaruh Komunikasi Massa Terhadap Audiens. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 24. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1475
Wahyudi, S. (2018). Pemanfaatan Media Komunikasi dalam Memilih Kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (Studi Pada Mahasiswa Asal Kalimantang) [Universitas Muhammadiyah Malang]. https://eprints.umm.ac.id/40752/
Wijanarko, J. (2016). Ayah Ibu Baik Parenting Era Digital.
Yeyen Iswani, -. (2019). Pengaruh Menonton Program “ I Look “ Di Net Tv Terhadap Pengetahuan Fashion Siswa Jurusan Tata Busana Smkn 04 Pekanbaru. 3476, 3476.