PENGARUH PROMOSI ONLINE SENTAKU TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA (Promosi Online Produk Sentaku Berupa Flyer Menggunakan Aplikasi WhatsApp)
Abstract
Abstract
The role of social media today is very helpful for a job like WhatsApp which is used for interests ranging from personal pleasure or the need for information. From these aspects, an innovative promotional strategy emerged that used the status and broadcast features on the WhatsApp application. The use of WhatsApp social media influences user decisions because it is considered an easy and flexible communication tool for use by both young and old alike. This study aims to look at the role of the WhatsApp media which is used as a means of promoting Sentaku through flyers. The results of this study were students of the Department of Communication Science at Tidar University who were affected by the Sentaku flyer promotion with a proportion of 32,4%.
Keywords: Sentaku, WhatsApp, Promotions, User Decisions.
Abstrak
Peran media sosial sangat membantu sebuah pekerjaan seperti WhatsApp yang digunakan untuk kepentingan mulai dari kesenangan pribadi atau kebutuhan akan suatu informasi. Dari aspek-aspek tersebut munculah sebuah inovasi strategi promosi menggunakan fitur status dan broadcast pada aplikasi WhatsApp. Penggunaan media sosial WhatsApp berpengaruh terhadap keputusan pengguna karena dianggap alat komunikasi yang mudah dan fleksibel untuk digunakan oleh kalangan tua maupun muda. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran media WhatsApp yang digunakan sebagai sarana promosi Sentaku melalui flyer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Tidar terpengaruh oleh flyer promosi Sentaku dengan persentase 32,4%.
Kata Kunci: Sentaku, WhatsApp, Promosi, Keputusan Pengguna.
References
(1) Rahmadi. (2011). PENGANTAR
METODOLOGI PENELITIAN.
Banjarmasin: Antasari Press.
(2) Sugiyono, P. D. (2019). METODE
PENELITIAN KUANTITATIF
KUALITATIF dan R&D. Bandung:
ALFABETA,cv.
(3) Suryana, M. (2010). METODOLOGI
PENELITIAN Model Prakatis
Penelitian Kuantitatif danKualitatif.
Universitas Pendidikan Indonesia.
(4) Setyawan, D. A. (2014). H i p o t
e s i s. Kementerian Kesehatan RI
Politeknik KesehatanSurakarta, 2.
(5) Budiwanto, S. (2017). Metode Statistika: Untuk Mengolah Data
Keolahragaan. Metode Statistika, 1–
(6) Johar, D. S., Kumadji, S., &
Mawardi, M. K. (2015).
PENGARUH AIDA (ATTENTION,
INTEREST, DESIRE, ACTION)
TERHADAP EFEKTIFITAS
IKLAN ONLINE (Survei pada
Pembeli di Toko Online Adorable
Project). Jurnal Administrasi Bisnis
(JAB), 26(1), 1 10.
http://administrasibisnis.studentjourn
al.ub.ac.id/index.php/jab/article/view
/1031/1214
(7) Sundah, Aloysius Rinaldo (2012)
STUDI OBSERVASI KONTEN
IKLAN BERDASARKAN DURASI
DAN JAM TAYANG PRIME TIME
(Kasus Pada Iklan Televisi di
TRANS7). S1thesis, UAJY.
(8) Erlita, Novi. 2016. Potret Periklanan
di Medi Massa Indonesia. Jakarta :
Jurnal Ilmu Ekonomi danSosial