PENGARUH PROMOSI ONLINE SENTAKU TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA (Promosi Online Produk Sentaku Berupa Flyer Menggunakan Aplikasi WhatsApp)

Nesa Ariani

Abstract


Abstract

The role of social media today is very helpful for a job like WhatsApp which is used for interests ranging from personal pleasure or the need for information. From these aspects, an innovative promotional strategy emerged that used the status and broadcast features on the WhatsApp application. The use of WhatsApp social media influences user decisions because it is considered an easy and flexible communication tool for use by both young and old alike. This study aims to look at the role of the WhatsApp media which is used as a means of promoting Sentaku through flyers. The results of this study were students of the Department of Communication Science at Tidar University who were affected by the Sentaku flyer promotion with a proportion of 32,4%.

Keywords: Sentaku, WhatsApp, Promotions, User Decisions.

Abstrak

Peran media sosial sangat membantu sebuah pekerjaan seperti WhatsApp yang digunakan untuk kepentingan mulai dari kesenangan pribadi atau kebutuhan akan suatu informasi. Dari aspek-aspek tersebut munculah sebuah inovasi strategi promosi menggunakan fitur status dan broadcast pada aplikasi WhatsApp. Penggunaan media sosial WhatsApp berpengaruh terhadap keputusan pengguna karena dianggap alat komunikasi yang mudah dan fleksibel untuk digunakan oleh kalangan tua maupun muda. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran media WhatsApp yang digunakan sebagai sarana promosi Sentaku melalui flyer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Tidar terpengaruh oleh flyer promosi Sentaku dengan persentase 32,4%.

Kata Kunci: Sentaku, WhatsApp, Promosi, Keputusan Pengguna.


Full Text:

PDF

References


(1) Rahmadi. (2011). PENGANTAR

METODOLOGI PENELITIAN.

Banjarmasin: Antasari Press.

(2) Sugiyono, P. D. (2019). METODE

PENELITIAN KUANTITATIF

KUALITATIF dan R&D. Bandung:

ALFABETA,cv.

(3) Suryana, M. (2010). METODOLOGI

PENELITIAN Model Prakatis

Penelitian Kuantitatif danKualitatif.

Universitas Pendidikan Indonesia.

(4) Setyawan, D. A. (2014). H i p o t

e s i s. Kementerian Kesehatan RI

Politeknik KesehatanSurakarta, 2.

(5) Budiwanto, S. (2017). Metode Statistika: Untuk Mengolah Data

Keolahragaan. Metode Statistika, 1–

(6) Johar, D. S., Kumadji, S., &

Mawardi, M. K. (2015).

PENGARUH AIDA (ATTENTION,

INTEREST, DESIRE, ACTION)

TERHADAP EFEKTIFITAS

IKLAN ONLINE (Survei pada

Pembeli di Toko Online Adorable

Project). Jurnal Administrasi Bisnis

(JAB), 26(1), 1 10.

http://administrasibisnis.studentjourn

al.ub.ac.id/index.php/jab/article/view

/1031/1214

(7) Sundah, Aloysius Rinaldo (2012)

STUDI OBSERVASI KONTEN

IKLAN BERDASARKAN DURASI

DAN JAM TAYANG PRIME TIME

(Kasus Pada Iklan Televisi di

TRANS7). S1thesis, UAJY.

(8) Erlita, Novi. 2016. Potret Periklanan

di Medi Massa Indonesia. Jakarta :

Jurnal Ilmu Ekonomi danSosial


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Mozaik Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.