EFEKTIVITAS POSTINGAN AKUN INSTAGRAM @DIVISIHUMASPOLRI TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MAHASISWA
Abstract
Abstract
The Indonesian National Police, also known as Polri, has an Instagram account @divisihumaspolri. Through this Instagram, Polri presents the reality of the activities and performance carried out. Unfortunately, as a result of the Ferdy Sambo case, the public's trust in the Police has plummeted. The purpose of this research is to find out the effectiveness of posts on the @divisihumaspolri account to increase the level of public trust. The research method used in this study is a quantitative research method with the type of experiment. The experimental model used is the pre-experimental type of one shot case study. Sampling using purposive sampling technique. While the sample is 30 people. The results of the study show that posts on @divisihumaspolri effectively increase the level of trust by 39.6%.
Keywords: Polri, Instagram, Trust.
Abstrak
Kepolisian RI atau dikenal sebangai Polri memiliki akun Instagram @divisihumaspolri. Melalui Instagram ini, Polri menyajikan realitas kegiatan dan kinerja yang dilakukan. Sayangnya, akibat dari kasus Ferdy Sambo, kepercayaan masyarakat kepada Polri menjadi melonjak turun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas dari postingan yang ada di akun @divisihumaspolri untuk menaikkan tingkat kepercayaan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Model eksperimen yang digunakan adalah Pre-Eksperimen tipe one shot case study. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan sampel sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan postingan di @divisihumaspolri efektif menaikkan tingkat kepercayaan sebanyak 39,6%.
Kata kunci: Polri, Instagram, Kepercayaan.
References
Changara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.
Dihni, Vika Azkiya (2022). Survei Indikator: TNI Jadi Institusi Paling Dipercaya Masyarakat. https://databoks.katadata.co.id/data
publish/2022/01/10/surveiindikator-tni-jadi-institusi-paling-dipercaya-masyarakat diakses pada tanggal 15 September pukul 13.00 WIB.
Fenyapwain, M. M. (2013). Pengaruh Iklan Politik dalam Pemilukada Minahasa Terhadap Partisipasi Pemilih Pemula di Desa Tounelet Kecamatan Kakas. Acta Diurna, I(1).
Hariono, T., Listyaningsih, E., & Indriani, W. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Kepercayaan dan Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah dalam menggunakan Jasa Pinjaman ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro) PT PNM (Permodalan Nasional Madani) Unit Kota Agung, Tanggamus. Jurnal Jejama Manajemen Malahayati, 1(1), 32-41.
Kusnandar, Viva Budy (2022). Akibat Kasus Ferdi Sambo, Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kepolisian Menurun. https://databoks.katadata.co.id/data publish/2022/08/26/akibat-kasus-ferdi-sambo-tingkat-kepercayaan-masyarakat-terhadap-kepolisian-menurun diakses pada tanggal 15 September pukul 14.00 WIB.
M. Taufiq Amir, Dinamika Pemasaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,
, hlm. 62-63.
Merianti, Rossy. (2018). EFEKTIVITAS CYBER PUBLIC RELATIONS PADA SOSIAL MEDIA SATPOL PPKOTA SURABAYA. Jurnal Penelitian Universitas Airlangga, Surabaya.
Munifah, Nilna Samikhotal (2016) Pesan sabar dalam film "Hijrah Cinta"
(analisis semiotik). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. Riyanto, Andi Dwi (2022). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022.https://andi.link/hootsuite-we-aresocial-indonesian-digital-report2022/ diakses pada tanggal 15 September pukul 10.00 WIB.
saranailmu. 2018. Kepercayaan (Trust) : Pengertian, Definisi, Manfaat dan Faktor-faktornya Lengkap. https://bprsku.co.id/pengertiandefinisi-manfaat-dan-faktor-faktorkepercayaan-trust-menurut-paraahli/ diakses tanggal 11 Oktober 2022 pukul 22.18 WIB.
Tanzag, Viviane. (2019). PENGARUH MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP CITRA INSTANSI PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA (Survei Terhadap Mahasiswa Komunikasi Pemasaran Universitas Bina Nusantara Angkatan Tahun 2009-2012). Artikel Universitas Bina Nusantara, Jakarta.
Wibowo, Manajemen Perubahan, Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2006, hlm. 380