KOMUNIKASI PERSUASIF BPJS KESEHATAN DALAM MENGAJAK MASYARAKAT MENJADI PESERTANYA

Authors

  • Fadli Kiswara
  • Muhammad Harris Adani

Abstract

Abstract

The BPJS has various problems ranging from a deficit that occurs every year to public protests about the collection of late fees. In a health center in the city of Magelang, researchers found an interesting poster to study in this study which contained an invitation to use BPJS. Researchers used semiotic analysis research methods with a qualitative approach to find out the persuasive communication of BPJS. The result of this research is that BPJS uses yellowcolor and signs on posters that interpret the use of BPJS as a solution to public health problems. BPJS also uses persuasive strategies and persuasive communication techniques to invite the public to become itsparticipants.

Keywords: BPJS, Semiotics, Persuasiveness, Communication Techniques.

Abstrak

BPJS merupakan perusahaan asuransi yang dibentuk untuk menyelenggarakan jaminan sosial. BPJS memiliki berbagai masalah mulai dari defisit yang terjadi setiap tahun hingga protes masyarakat soal penagihan denda keterlambatan. Dalam sebuah Balai Kesehatan Masyarakat di Kota Magelang peneliti menemukan poster yang berisi ajakan untuk menggunakan BPJS. Peneliti menggunakan metode penelitian analisis semiotika dengan pendekatan kualitatif untuk mengetahui komunikasi persuasif BPJS. Hasil penelitian ini adalah BPJS menggunakan warna kuning dan tanda tanda dalam poster yang menginterpretasikan penggunaan BPJS sebagai solusi permasalahan kesehatan masyarakat. BPJS juga menggunakan strategi persuasif dan teknik komunikasi persuasif untuk mengajak masyarakat menjadi pesertanya.

Kata kunci: BPJS, Semiotika, Persuasif, Teknik Komunikasi.

References

Ardianto, Elvinaro, dan Soleh Soemirat.

(2004). Dasar-Dasar Public

Relations. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

A.W. Widjaja. 2002. Komunikasi

danHubungan Masyarakat. Jakarta

: PT. BumiAksara.

Budiman, Kris. (2003). Semiotika Visual.

Yogyakarta: Buku Baik.

Dameria, Anne. (2007). Color Basic :

Panduan Dasar Warna untuk

Desainer & Industri Grafika.

Jakarta: Link Match Graphic.

Firdaus, Yanie Pratiwi. (2016). “Strategi

Komunikasi Persuasif Personal

Selling dalam Meningkatkan

Nasabah pada Produk Asuransi

Umum di PT Jasaraharja Putera

Cabang Pekanbaru.” JOM FISIP,

Vol. 3. No. 2. hal. 4–6.

Hamid, Farid, dan Heri Budianto. (2011).

Ilmu Komunikasi: Sekarang dan

Tantangan Masa Depan. Jakarta :

Pernada Media Grup

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknis

Praktis Riset Komunikasi. Jakarta :

Pernada Media Grup

Morissan. (2013). Teori Komunikasi

Individu Hingga Masa. Jakarta :

Pernada Media Grup

Muslim. (2016). “Varian-Varian

Paradigma, Pendekatan, Metode,

dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu

Komunikasi”. Wahana, Vol.

No.10.

Nofrizal. (2017). “Strategi Tumbuh dan

Bersaing di Industri Asurannsi

(Studi Kasus pada BPJS

Ketenagakerjaan Pekanbaru)”.

BENEFIT, Vol. 2. No. 1.

Pateda, Mansoer. (2001). Semantik

Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.

Pertiwi, Dian. (2019). “Strategi

Komunikasi Persuasif dalam

Meningkatkan Jumlah Debitur

PTBNI(PERSERO) Tbk Kantor

Cabang Padang”. JOM FISIP, Vol.

Putra, Dwi Nurjaya Airlangga. (2016).

“Analisis Semiotika Pemaknaan

Logo PT PLN

(PERSERO)”.Skripsi, Universitas

Prof.Dr. Moestopo.

Republik Indonesia. (2018). Peraturan

Presiden Republik Indonesia

Nomor 82 Tahun 2018 tentang

Jaminan Kesehatan. Lembaran

Negara RI Tahun 2018, No. 165.

Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (2004). UndangUndang Republik Indonesia Nomor

tahun 2004 tentang Sistem

Jaminan Sosial Nasional.

Lembaran Negara RI Tahun 2004,

No. 150. Jakarta: Sekretariat

Negara.

Sakhinah, Siti. (2018). “Strategi

Komunikasi Persuasif Pengurus

Komunitas Terang Jakarta dalam

Mengajak Anak Muda Berhijrah

Melalui New Media”. Skripsi,

Universitas Islam Negeri Syarif

Hidayatullah.

Downloads

Published

2020-12-01