KOMUNIKASI PERSUASIF BPJS KESEHATAN DALAM MENGAJAK MASYARAKAT MENJADI PESERTANYA
Abstract
Abstract
The BPJS has various problems ranging from a deficit that occurs every year to public protests about the collection of late fees. In a health center in the city of Magelang, researchers found an interesting poster to study in this study which contained an invitation to use BPJS. Researchers used semiotic analysis research methods with a qualitative approach to find out the persuasive communication of BPJS. The result of this research is that BPJS uses yellowcolor and signs on posters that interpret the use of BPJS as a solution to public health problems. BPJS also uses persuasive strategies and persuasive communication techniques to invite the public to become itsparticipants.
Keywords: BPJS, Semiotics, Persuasiveness, Communication Techniques.
Abstrak
BPJS merupakan perusahaan asuransi yang dibentuk untuk menyelenggarakan jaminan sosial. BPJS memiliki berbagai masalah mulai dari defisit yang terjadi setiap tahun hingga protes masyarakat soal penagihan denda keterlambatan. Dalam sebuah Balai Kesehatan Masyarakat di Kota Magelang peneliti menemukan poster yang berisi ajakan untuk menggunakan BPJS. Peneliti menggunakan metode penelitian analisis semiotika dengan pendekatan kualitatif untuk mengetahui komunikasi persuasif BPJS. Hasil penelitian ini adalah BPJS menggunakan warna kuning dan tanda tanda dalam poster yang menginterpretasikan penggunaan BPJS sebagai solusi permasalahan kesehatan masyarakat. BPJS juga menggunakan strategi persuasif dan teknik komunikasi persuasif untuk mengajak masyarakat menjadi pesertanya.
Kata kunci: BPJS, Semiotika, Persuasif, Teknik Komunikasi.
References
Ardianto, Elvinaro, dan Soleh Soemirat.
(2004). Dasar-Dasar Public
Relations. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
A.W. Widjaja. 2002. Komunikasi
danHubungan Masyarakat. Jakarta
: PT. BumiAksara.
Budiman, Kris. (2003). Semiotika Visual.
Yogyakarta: Buku Baik.
Dameria, Anne. (2007). Color Basic :
Panduan Dasar Warna untuk
Desainer & Industri Grafika.
Jakarta: Link Match Graphic.
Firdaus, Yanie Pratiwi. (2016). “Strategi
Komunikasi Persuasif Personal
Selling dalam Meningkatkan
Nasabah pada Produk Asuransi
Umum di PT Jasaraharja Putera
Cabang Pekanbaru.” JOM FISIP,
Vol. 3. No. 2. hal. 4–6.
Hamid, Farid, dan Heri Budianto. (2011).
Ilmu Komunikasi: Sekarang dan
Tantangan Masa Depan. Jakarta :
Pernada Media Grup
Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknis
Praktis Riset Komunikasi. Jakarta :
Pernada Media Grup
Morissan. (2013). Teori Komunikasi
Individu Hingga Masa. Jakarta :
Pernada Media Grup
Muslim. (2016). “Varian-Varian
Paradigma, Pendekatan, Metode,
dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu
Komunikasi”. Wahana, Vol.
No.10.
Nofrizal. (2017). “Strategi Tumbuh dan
Bersaing di Industri Asurannsi
(Studi Kasus pada BPJS
Ketenagakerjaan Pekanbaru)”.
BENEFIT, Vol. 2. No. 1.
Pateda, Mansoer. (2001). Semantik
Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.
Pertiwi, Dian. (2019). “Strategi
Komunikasi Persuasif dalam
Meningkatkan Jumlah Debitur
PTBNI(PERSERO) Tbk Kantor
Cabang Padang”. JOM FISIP, Vol.
Putra, Dwi Nurjaya Airlangga. (2016).
“Analisis Semiotika Pemaknaan
Logo PT PLN
(PERSERO)”.Skripsi, Universitas
Prof.Dr. Moestopo.
Republik Indonesia. (2018). Peraturan
Presiden Republik Indonesia
Nomor 82 Tahun 2018 tentang
Jaminan Kesehatan. Lembaran
Negara RI Tahun 2018, No. 165.
Jakarta: Sekretariat Negara.
Republik Indonesia. (2004). UndangUndang Republik Indonesia Nomor
tahun 2004 tentang Sistem
Jaminan Sosial Nasional.
Lembaran Negara RI Tahun 2004,
No. 150. Jakarta: Sekretariat
Negara.
Sakhinah, Siti. (2018). “Strategi
Komunikasi Persuasif Pengurus
Komunitas Terang Jakarta dalam
Mengajak Anak Muda Berhijrah
Melalui New Media”. Skripsi,
Universitas Islam Negeri Syarif
Hidayatullah.