KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PEMBENTUKAN SIKAP KEDISIPLINAN ANGGOTA RESIMEN MAHASISWA BATALYON 922 “MACAN TIDAR” UNIVERSITAS TIDAR
Abstract
Abstract
The formation of disciplinary attitudes carried out by the Student Regiment of Battalion 922 "Macan Tidar" Tidar University by using persuasive communication. This study aims to determine the persuasive communication carried out in the implementation of the formation of members' disciplinary attitudes. This research method is a qualitative descriptive method with descriptive research type. Based on the results of the study, it can be concluded that by using psychodynamic strategies and learning theory, each stage is an important event in determining attitude change using persuasive communication by the leadership of the Tidar University Battalion 922 Student Regiment "Macan Tidar", Tidar University is very effective in build the disciplinary attitude of members.
Keywords: Persuasive Communication, Attitude Formation, Student Regiment, Battalion 922 "Macan Tidar" Tidar University.
Abstrak
Pembentukan sikap kedisiplinan yang dilakukan oleh pihak Resimen Mahasiswa Batalyon 922 “Macan Tidar” Universitas Tidar dengan menggunakan komunikasi secara persuasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komunikasi Persuasif yang dilaksanakan di dalam pelaksanaan pembentukan sikap kedisiplinan anggota. Metode penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi psikodinamik dan teori belajar yang masing-masing tahap merupakan kejadian penting didalam menentukan perubahan sikap dengan menggunakan komunikasi persuasif oleh pimpinan Resimen Mahasiswa Batalyon 922 “Macan Tidar” Universitas Tidar sangat efektif di dalam pembentukan sikap kedisiplinan anggota.
Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Pembentukan Sikap, Resimen Mahasiswa, Batalyon 922 “Macan Tidar” Universitas Tidar.
References
Effendy, OnongUchjana. (2007). Ilmu
Komunikasi Teori dan Praktek.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Farida Hidayati, Umi .(2017). “Aplikasi
Teori Belajar Berkaitan Bengan
Kemandirian Belajar Mahasiswa”.
Jurnal Keperawatan Indonesia.
Vol. 20 No. 1. Hal. 9-16
Ikhsan, Muhammad. (2018). “Komunikasi
Persuasif dalam pembentukan
karakter kedisiplinan taruna
SMKN Penerbangan Aceh”.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
FisipUnsyiah. Vol. 3 No. 2 hal.
-100
Istianah, Aen. (2015). “Komunikasi
Persuasif dalam pembentukan
sikap (studi deskriptif kualitatif
pada pelatihan pendidikan militer
Tamtama TNI AD di Sekolah
Calon Tamtama Rindam IV/
Diponegoro Kebumen”.Tesis. UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Rakhmat, Jalaluddin. (2008). Psikologi
komunikasi.Bandung : PT. Remaja
Rosdakarya.
West, Richard dan Lynn H. Turner.
(2007). Pengantar Teori Komunikasi
Analisis dan Aplikasi, Edisi 3.
Jakarta: SalembaHumanika.