KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PEMBENTUKAN SIKAP KEDISIPLINAN ANGGOTA RESIMEN MAHASISWA BATALYON 922 “MACAN TIDAR” UNIVERSITAS TIDAR

Aliffudin Baharsyah Tambunan, Muhamad Anshori

Abstract


Abstract

The formation of disciplinary attitudes carried out by the Student Regiment of Battalion 922 "Macan Tidar" Tidar University by using persuasive communication. This study aims to determine the persuasive communication carried out in the implementation of the formation of members' disciplinary attitudes. This research method is a qualitative descriptive method with descriptive research type. Based on the results of the study, it can be concluded that by using psychodynamic strategies and learning theory, each stage is an important event in determining attitude change using persuasive communication by the leadership of the Tidar University Battalion 922 Student Regiment "Macan Tidar", Tidar University is very effective in build the disciplinary attitude of members.

Keywords: Persuasive Communication, Attitude Formation, Student Regiment, Battalion 922 "Macan Tidar" Tidar University.

Abstrak

Pembentukan sikap kedisiplinan yang dilakukan oleh pihak Resimen Mahasiswa Batalyon 922 “Macan Tidar” Universitas Tidar dengan menggunakan komunikasi secara persuasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komunikasi Persuasif yang dilaksanakan di dalam pelaksanaan pembentukan sikap kedisiplinan anggota. Metode penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi psikodinamik dan teori belajar yang masing-masing tahap merupakan kejadian penting didalam menentukan perubahan sikap dengan menggunakan komunikasi persuasif oleh pimpinan Resimen Mahasiswa Batalyon 922 “Macan Tidar” Universitas Tidar sangat efektif di dalam pembentukan sikap kedisiplinan anggota.

Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Pembentukan Sikap, Resimen Mahasiswa, Batalyon 922 “Macan Tidar” Universitas Tidar.


Full Text:

PDF

References


Effendy, OnongUchjana. (2007). Ilmu

Komunikasi Teori dan Praktek.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Farida Hidayati, Umi .(2017). “Aplikasi

Teori Belajar Berkaitan Bengan

Kemandirian Belajar Mahasiswa”.

Jurnal Keperawatan Indonesia.

Vol. 20 No. 1. Hal. 9-16

Ikhsan, Muhammad. (2018). “Komunikasi

Persuasif dalam pembentukan

karakter kedisiplinan taruna

SMKN Penerbangan Aceh”.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa

FisipUnsyiah. Vol. 3 No. 2 hal.

-100

Istianah, Aen. (2015). “Komunikasi

Persuasif dalam pembentukan

sikap (studi deskriptif kualitatif

pada pelatihan pendidikan militer

Tamtama TNI AD di Sekolah

Calon Tamtama Rindam IV/

Diponegoro Kebumen”.Tesis. UIN

Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Rakhmat, Jalaluddin. (2008). Psikologi

komunikasi.Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya.

West, Richard dan Lynn H. Turner.

(2007). Pengantar Teori Komunikasi

Analisis dan Aplikasi, Edisi 3.

Jakarta: SalembaHumanika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Mozaik Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.