PENGARUH SIFAT KEKERASAN DAN IMPAK PADA KOMPONEN POROS SEPEDA MOTOR MELALUI PERLAKUAN PANAS

Aprizal Aprizal, Yose Rizal

Abstract


Abstrak

Dalam aplikasi pemakaiannya, semua baja akan terkena pengaruh gaya luar berupa tegangan-tegangan gesek, tarik maupun tekan sehingga menimbulkan deformasi atau perubahan bentuk. Usaha menjaga baja karbon agar lebih tahan gesekan, tarikan atau tekanan adalah dengan cara mengeraskan baja tersebut, yaitu salah satunya dengan perlakuan panas (heat treatment). Salah satu tujuan proses perlakuan panas pada baja adalah untuk pengerasan (hardening) yaitu proses pemanasan baja sampai suhu di daerah atau diatas daerah kritis disusul dengan pendinginan. Akibat proses hardening pada baja, maka timbulnya tegangan dalam (internal stress), yang akan menaikkan kekerasan namun terkadang mengakibatkan baja menjadi getas (britlle), terutama pada baja karbon tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh sifat Kekerasan dan sifat Impak Poros Sepeda motor akibat proses perlakuan panas dengan memvariasikan media pendingin. Luaran penelitian ini diharapkan adalah publikasi ilmiah dalam jurnal yang mempunyai ISSN. Metode Penelitian yang digunakan dengan melakukan proses perlakuan panas terhadap spesimen Poros Sepeda Motor pada temperatur 8500C selama 90 menit, kemudian spesimen didinginkan pada 3 (tiga) media pendingin berbeda yaitu oli SAE 40W, larutan garam dan udara. Setelah itu dilakukan pengujian Kekerasan Rockwell B dan pengujian Impak Charpy terhadap spesimen Poros Sepeda Motor dan mencatatkan hasil yang diperoleh. Dari hasil pengujian tersebut diperoleh nilai Kekerasan rata-rata spesimen Poros Sepeda motor tertinggi 84,9 HRB dan hasil pengujian Impak rata-rata spesimen tertinggi 7,0404 J/mm2.

Abstract

In the application of usage, all steel will be affected by the outside style in the form of friction voltages, drag or press to cause deformation or change of shape. The effort to keep carbon steel to be more resistant to friction, pulling or pressure is to harden the steel, one of which is with heat treatment. One of the purposes of heat treatment in steel is for hardening (hardening) i.e. the process of heating the steel until the temperature in the area or above the critical area followed by cooling. Due to the hardening process in steel, the occurrence of internal stress, which will increase the hardness but sometimes it causes the steel to become britlle, especially in high carbon steel. The purpose of this study is to determine the influence of violent properties and the nature of the motor of the shaft of the motorcycle due to the heat treatment process by varying the cooling media. External research is expected to be a scientific publication in a journal that has an ISSN. The research method is used by doing a heat treatment process against the motorcycle shaft specimen at 8500C for 90 minutes, then the specimen is cooled on 3 (three) different cooling media i.e. SAE 40W oil, salt and air solution. After that, the Rockwell B hardness test and the Impak Charpy test of the Motor cycle shaft specimens and record the results obtained. From the results of the test obtained the value of hardness of the average specimen of the highest motor cycle 84.9 HRB and the test result of the average impact of the highest specimen 7.0404 J/mm2.

 

 


Keywords


Naure of violence; Impak Nature; Heat treatment; Motorcycle Shaft and Cooling Media; Sifat Kekerasan ; Sifat Impak ; Perlakuan panas ; Poros Sepeda Motor dan Media Pendingin

Full Text:

PDF

References


Rizal, Yose, Peningkatan Kekuatan Tarik Baja Karbon Aisi 1040 Akibat Pengaruh Media Pendingin Pada Proses Perlakuan Panas, Jurnal APTEK Volume 9 No. 1 2017, UPP Press

Rizal, Yose dan Ismardi, Pengaruh Perlakuan Panas Terhadap Sifat Kekerasan (Hardness) Pada Roda Gigi Tarik Sepeda Motor Honda, Jurnal APTEK Volume 9 No. 2 2017, UPP Press.

Bakri dan Sri Chandrabakty, 2006, “Jurnal SMARTek, Volume 4, No. 2, Mei 2006: 97 - 102

Callister, D William (2007), Material Science and Engineering, Jhon Willey & Sons Inc.,

USA

Al-Huda, Mafudz, 2008, Perlakuan panas, Fakultas Teknologi Industri, Universitas

Mercu Buana, Indonesia.

Shigley, Joseph E., dan Larry D. Mitchell. 1983. Perencanaan Teknik Mesin Edisi Keempat (Gandhi Harahap, Penerjemah). Jakarta. Erlangga

Hery Tristijanto (2012). Jurnal Foundry Volume 2 No. 2 Oktober 2012 : 6 – 10 Rochim Suratman(1994). Panduan Proses Perlakuan Panas.Lembaga Penelitian Institut Teknologi Bandung, Bandung.

R. Djoko Andrijono (2005).” Jurnal Ilmu –Ilmu Teknik DIAGONAL.” Unmer Malang.

Suprapti (1989). “ Pengetahuan Bahan”. ITS Surabaya.

Wahid Suherman(1988).” Ilmu Logam 1.” Institut Teknologi Surabaya.

Wardoyo, Joko Tri. (2005), Jurnal TEKNOIN, Volume 10 No.3, September 2005, Metode Peningkatan Tegangan Tarik dan Kekerasan pada Baja Karbon Rendah Melalui Baja Fasa Ganda.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Teknik Mesin MERC (Mechanical Engineering Research Collection)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.