Kedisiplinan Diri Siswa dan Problem Based Learning

Pasttita Ayu Laksmiwati, Megita Dwi Pamungkas, Ponco Handono

Abstract


Kedisiplinan diri siswa menjadi salah satu indikator penting bagi siswa yang ingin sukses dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana perubahan yang ada pada kedisiplinan diri siswa dalam belajar matematika melalui pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan menjelaskan bagaimana penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan PBL yang dapat meningkatkan kedisiplinan diri siswa. Siswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 24 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Selomerto, Wonosobo dan dipilih secara acak (purposive random sampling) dari 3 kelas di level yang sama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kedisiplinan diri siswa, lembar observasi pembelajaran, dan pedoman wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester pertama tahun 2014. Keberhasilan pada pembelajaran ini ditentukan dengan menggunakan kriteria yang telah ditetapkan sebagai indikator keberhasilan. Topik pembelajaran yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah Teorema Pythagoras. Data yang diperoleh dari proses pengambilan data akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan PBL yang berakhir dalam dua siklus memiliki dampak positif bagi peningkatan kedisiplinan diri siswa ketika belajar matematika.

 


Keywords


Kedisiplinan Diri Siswa; Problem Based Learning; Teorema Pythagoras

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2012). Learning to teach. New York, NY: Mc Graw Hill.

Arsyad, A. (2006). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Bell-Gredler, M. E. (1986). Learning and instruction. New York, NY: Macmillan Publishing Company.

Carr, W. & Kemmis, S. (1986). Becoming critical: Education, knowledge and action research. London: Falmer Press.

Cooperative Extension Service. (2013). The freedom of self-discipline. Diakses dari http://www2.ca.uky.edu/hes/fcs/possibilities/Final_Publications/No5-The_ Freedom_ of_Self-Discipline--DM.pdf

Delisle, R. (1997). How to use problem-based learning in the classroom. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).

Duffy, J. L., & McDonald, J. B. (2010). Teaching and learning with technology (4th ed). Boston: Pearson Education.

Evensen, D. H., & Hmelo, C. E. (2000). Problem-based learning: A research perspective on learning interactions. London: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Foganty, R. (1997). Problem based learning and other curriculum models for the multiple inteligences classroom. Melbourne: Hawker Brownlow Education.

Freundhental, H. (1973). Mathematics as an educational task. Dordrecht: Reidel Publishing Company.

Haylock, D., & Thangata, F. (2007). Key concept in teaching primary mathematics. London: SAGE Publication Ltd.

Hewitt, D. (2008). Understanding effective learning: strategies for the classroom. London: McGraw-Hill, Open University Press.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner doing critical participatory action research. Singapore: Springer.

Kemp, J. E., Morrison, G. R., & Ross, S. M. (1994). Designing effective iinstruction. New York, NY: Merrill.

Knapczyk, D. (2004). Teaching self-discipline for self-reliance amd academic success. Winconsin: IEP Resources.

McElmeel, S. L. (2002). Character education : A book guide for teachers, librarians, and parents. Colorado: Libraries Unlimited.

Moore, K. D. (2012). Effective instructional strategies. Los Angeles, LA: Sage.

Muhidin, E. (2014). Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada tema krisis sumber energi listrik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa kelas IX (Disertasi doktor). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Pavlina, S. (2005). Self discipline: Persistence. Diakses dari http://hsana.org/education. html pada 21 September 2014.

Robbin, S. P., & Judge, T. A. (2009). Organizational behavior. New Jersey, NJ: Pearson Educational.

Silalahi, E. K., Silaban, R., & Silalahi, A. (2014). Pengembangan model Problem Based Learning (PBL) terintegrasi inkuiri terbimbing pada pelajaran kimia larutan di SMA kelas XI untuk meningkatkan hasil belajar kimia dan nilai karakter DKMTJ siswa. Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2), 12-24.

Sriraman, B., & English, L. (2010). Theories of mathematics education. London: Springs.

Tamimi, F. (2013). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan sikap percaya diri dan keterampilan berfikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas IV Sulaiman SD Muhammadiyah Metro Pusat tahun ajaran 2013/2014. (Disertasi). Universitas Negeri Lampung.

Taylor, A. F., Kuo, F. E., & Sullivan, W. C. (2002). Vies of nature and self discipline: Evidence from inner city children. Journal of Environmental Psychology, 22, 49-63.

Tracy, Brian. (2010). No excuses!: The power of self-discipline for success in your life. New York: Vanguard Press.

Uden, L., & Beaumont, C. (2006). Technology and problem-based learning. London: Information Science Publishing.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.