Peningkatan Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Diskrit Menggunakan Media Edmodo dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom

Farah Dzil Barr

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata kuliah matematika diskrit menggunakan media Edmodo dengan model pembelajaran flipped classroom pada mahasiswa Teknik Informatika Universitas Selamat Sri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas 3C Teknik Informatika UNISS yang berjumlah 10 orang. Desain penelitian ini menggunakan  prosedur: 1) tahap persiapan, 2) tahap pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Objek penelitian ini adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata skor keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 72%. Pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 76%. Pada siklus III mengalami kenaikan cukup tinggi menjadi 86%. Peningkatan hasil belajar mahasiswa yang didasarkan pada rerata skor tes hasil belajar mengalami peningkatan setiap siklus berturut-turut yaitu pada siklus I sebesar 69,7, siklus II sebesar 72,4 dan pada siklus III sebesar 80,2.


Keywords


Edmodo; Flipped Classroom; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Berrett, D. (2012). How 'flipping' the classroom can improve the traditional lecture. The Chronicle of Higher Education, 1-6.

Educational Horizons. (2011). Flipping the classroom, Educational Horizons, 90(1), 5-7.

Enfield, J. (2013). Looking at the impact of the flipped classroom model of instruction on undergraduate multimedia students at CSUN. TechTrends, 57(6), 14-27.

Gunyou, J. (2015). I flipped my classroom: One teacher’s quest to remain relevant. Journal of Public Affairs Education, 21(1), 13-24.

Milovanovic, M., Takaci, D., & Milajic, A. (2013). Application of interactive multimedia tools in teaching mathematics--examples of lessons from geometry. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 12 (1), 19-31.

Moran, C. M & Young, C. AMORA. (2015). Questions to consider before flipping. The Phi Delta Kappan, 97(2), 42-46.

Munir. (2012). Multimedia (konsep & aplikasi dalam pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Seamolec. (2013). Buku sumber simulasi digital. Jakarta: Seamolec.

Septanto, H. (2015). Elearning menggunakan edmodo sebuah aplikasi pembelajaran berbasis web pada kelas shift di STMIK Bina Insani. Bina Insani ICT Journal, 2(2), 121-141.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.