Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik SMKN 5 Madiun Melalui Penerapan Problem Based Learning Berbantuan e-LKPD Liveworksheet

Authors

  • Kurnia Sekarsari Universitas PGRI Madiun
  • Vera Dewi Susanti Universitas PGRI Madiun
  • Samsudin SMK Negeri 5 Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31002/mathlocus.v5i2.4405

Keywords:

liveworksheet, matematika, prestasi belajar, problem based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi eksponen di kelas X BD 1 SMKN 5 Madiun melalui penerapan problem based learning berbantuan liveworksheet. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes. Sementara metode analisis data yang digunakan adalah mixed-methods. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh persentase ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 64% yang termasuk kriteria cukup. Lebih lanjut, pada siklus II persentase ketuntasan belajar peserta didik mencapai 79% yang termasuk ke dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan liveworksheet mampu meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik kelas X BD 1 SMKN 5 Madiun.

References

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis prestasi belajar matematika pada masa pandemi ditinjau dari minat belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1), 135–144.

Arisandi, S. N. (2022). Penggunaan media pembelajaran liveworksheets dalam meningkatkan hasil belajar kimia pada materi konsep mol. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(3), 306–316.

Ariyanto, S. R., Lestari, I. W. P., Hasanah, S. U., Rahmah, L., & Purwanto, D. V. (2020). Problem based learning dan argumentation sebagai solusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 6(2), 197-205.

Azizah, S. R., Susanti, V. D., & Irawan, D. H. (2023). Peningkatan pemahaman konsep pecahan melalui penggunaan alat peraga puzzle pecahan siswa kelas 3. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 9(2), 157-166.

Kartini, P. N. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 339–346.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action researcher planner. Victoria, Australia: Deakin University.

Krisna, E. D., & Marlinda, N. L. P. M (2020). Implementasi problem based learning berbantuan google classroom untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 91–97.

Lestari, N. L. P. K. W., & Payadnya, I. P. A. A. (2022). Penerapan blended learning berbantuan e-worksheet untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Widiatmika. JKPM: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 14(1), 52-61.

Manongga, A. (2021). Pentingnya teknologi informasi dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 978-623–98(November), 1–7.

Maryanti, N., & Apriana, D. (2019). Kompetensi siswa SMK dalam menyongsong revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 633–642.

Mirayani, P., Widana, I. W., & Purwati, N. K. R. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(2), 429–438.

Novianti, R. E., Andari, T., & Susanti, V. D. (2020). Efektivitas model PBL berbasis STEM terhadap prestasi belajar ditinjau dari berpikir kritis matematis pada peserta didik kelas XI SMA. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan ’Meneropong Wajah Pendidikan di Era Merdeka Belajar’, 1, 130-135.

Prakoso, N. A., & Rusnilawati, R. (2024). Analisis model project based learning berbantuan liveworksheets dalam meningkatkan prestasi belajar dan keterampilan literasi sains. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 88-100.

Prihandono, T., Supriyono, A., Meilina, I. L., & Ernasari, E. (2023). Penerapan E-LKPD interaktif berbasis problem based learning berbantuan liveworksheets untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(3), 114-126.

Qur’aniyah, I. A., Susanti, V. D., & Lestariningsih, A. R. (2024). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan media liveworksheet kelas VIII G SMPN 4 madiun. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 8011-8024.

Rahmat, E. (2018). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144–159.

Rikza, Q., Susanti, V. D., & Yuliana, E. (2024). Implementasi model pembelajaran think pair share dengan pendekatan teaching at the right level untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi trigonometri. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 523-534.

Septiana, I. T., Wijayanti, O., & Muslim, A. (2019). Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2), 14–17.

Susanti, V. D. (2017). Profil pemahaman mahasiswa dalam memecahkan masalah pada matakuliah matematika SMP ditinjau dari multiple intelligence. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 57–67.

Susanti, V. D., Andari, T., & Harenza, A. (2020). Web-based learning media assisted by powtoon in basic mathematics course. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 11–20.

Susanti, V. D., & Wulandari, R. (2022). Development of geogebra assisted electronic student worksheets (eworksheets) to improve student independent learning. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 12(2), 199-212.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123.

Solissa, R. A., Salamor, L., & Sialana, F. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe script. Pedagogi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 30-35.

Wedyastuti, R. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar polinomial menggunakan media interaktif live worksheet. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 171–178.

Widayanti, R., & Nur’aini, K. D. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dan aktivitas siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23.

Yulismar, Y., & Nuzulia, R. (2022). Pemanfaatan lembar kerja peserta didik berbasis aplikasi liveworksheet sebagai upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar. Jurnal Kiprah, 10(2), 93–103.

Downloads

Published

2025-03-05