Mengenal Bentuk Bangun Ruang pada Sumur/Parigi Pusaka di Desa Lonthoir Banda Neira Maluku Tengah
DOI:
https://doi.org/10.31002/mathlocus.v5i2.4395Keywords:
balok, bangun ruang, etnomatematika, prisma segi delapan, sumur/parigi PusakaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi hubungan antara matematika dan budaya melalui studi kasus sumur/parigi Pusaka di desa Lonthoir, Banda Neira, Maluku. Dalam menghadapi tantangan globalisasi, penelitian ini menyoroti peran pendidikan dalam menjaga budaya lokal dengan mengintegrasikan matematika. Tradisi cuci sumur/parigi Pusaka yang diadakan setiap sepuluh tahun,menunjukkan penerapan konsep matematika seperti simetri dan bentuk geometris dalam arsitektur dan ornamen sumur. Metode penelitian yang digunakan adalah etnografi dengan pendekatan kualitatif dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa masyarakat desa Lonthoir menerapkan konsep geometri dalam pembangunan sumur mereka. Nilai-nilai kebersamaan dan kearifan lokal juga mempengaruhi proses ini. Temuan ini menegaskan pentingnya etnomatematika dalam pendidikan, menawarkan pemahaman yang lebih inklusif tentang konsep bangun ruang dalam matematika khususnya materi balok dan prisma segi delapan.
References
Astriandini, M. G., & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian etnomatematika pola Batik Keraton Surakarta melalui analisis simetri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 13-24.
D'Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.
Firdaus, B. A. B., Widodo, S. A., Taufiq, I., & Irfan, M. (2020). Studi etnomatematika: Aktivitas petani padi Dusun Panggang. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 85-92.
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi bangun datar Segi Empat pada Candi Muaro Jambi. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 99–110.
Miles, M. B., Huberman, A. M., Rohidi, T. R., & Mulyarto. (1992). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Nahak, H. M. (2019). Upaya melestarikan budaya Indonesia di era globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76.
Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 201-210.
Purnomosidi, P., Wiyanto, W., Safiroh, S., & Gantiny, I. (2018). Buku Guru: Senang belajar matematika SD/MI kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.
Putra, R. W. Y., & Indriani, P. (2017). Implementasi etnomatematika berbasis budaya lokal dalam pembelajaran matematika pada jenjang sekolah dasar. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 9-14.
Rohimah, I. S., Abadi, A. P., & Haerudin, H. (2022). Studi etnomatematika dalam membuat pakaian sehari-hari. JURNAL SAINTIKA UNPAM: Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 4(2), 108-120.
Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171-176.
Septiana, B. F., Gandis, A. P. T., & Krishutami, P. K. (2020). Kajian etnomatematika pada sumur Gumuling di objek wisata Tamansari Yogyakarta. ProSANDIKA (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika), 1, 173-178).
Sopamena, P., & Juhaevah, F. (2019). Karakteristik etnomatematika suku Nuaulu di Maluku pada simbol adat Cakalele. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 13(2), 75-84.
Sriyani, Z. I., Sari, A. F. A., Shilfiana, A., Solehuddin, M. S., & Sueca, I. G. M. (2024). Eksplorasi etnomatematika geometri pada patung Garuda Wisnu Kencana di Bali. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 10(2), 104-109.
Suharjana, A. (2008). Pengenalan bangun datar dan sifat-sifatnya di SD. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Tubaka, N. (2018). Cuci parigi Pusaka, tradisi jaga sumber air di Lonthoir. MONGABAY, Situs Berita Lingkungan. Diakses pada 30 Juli 2024, dari https://www.mongabay.co.id/2018/11/25/cuci-parigi-pusaka-tradisi-jagasumber-air-di-lonthoir/
Yulianti, Y. (2014). Sistem aplikasi pembelajaran bangun ruang untuk sekolah dasar menggunakan visual basic 6.0. PROCIDING KMSI, 2(1), 98-106.
Zahroh, F., & Rizam, M. M. (2022). Kajian etnomatematika pada musik tradisional Ul-daul Madura. Proceedings of the 6th International Conference on Islamic Studies (ICONIS) 2022, 39-46.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika agree to the following terms: Authors retain copyright and grant MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).