Desain Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Trigonometri Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kupang
DOI:
https://doi.org/10.31002/mathlocus.v5i2.4389Keywords:
desain pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasi, trigonometriAbstract
Pemerintah melakukan perbaikan pada kurikulum sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Kurikulum yang diciptakan sesuai dengan tuntutan pendidikan abad ke-21, di mana pembelajaran yang dirancang menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran berdiferensiasi pada materi trigonometri siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Design Research yang terdiri dari 3 tahapan yaitu preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, observasi, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi dan wawancara, sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil asesmen diagnostik dan asesmen formatif peserta didik. Penelitian ini menghasilkan suatu desain pembelajaran berdiferensiasi khususnya diferensiasi konten pada materi trigonometri sesuai dengan kemampuan matematis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, pembelajaran berdiferensiasi konten efektif untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran dengan presentase keefektifan klasikal adalah 64,28%.
References
Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
Amalia, K., Rasyad, I., & Gunawan, A. (2023). Differentiated learning as learning innovation. Journal of Education and Teaching Learning (JETL), 5(2), 185-193.
Andriana, R. K., Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2024). Studi literatur: Implementasi modul ajar berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 1429-1437. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/5648
Apriyantini, N. P. D., & Sukendra, I. K. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan e-LKPD untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa. Widyadari, 24(1), 55-63.
Daga, A. T. (2021). Makna merdeka belajar dan penguatan peran guru di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090.
Doko, J. (2019). Penerapan pembelajaran kontekstual berbasis budaya sabu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persegi panjang dan belah ketupat kelas VII SMP Negeri 2 Sabu Barat. Skripsi. Universitas Nusa Cendana, Kupang.
Evendi, H., Rosida, Y., & Zularfan, D. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran matematika di kurikulum merdeka SMPN 4 Kragilan. JOONG-KI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 181–186.
Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2006). Design research from a learning design perspective. In Educational design research : Routledge.
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636-646.
Iskandar, D. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi report text melalui pembelajaran berdiferensiasi di kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123-140.
Kusuma, Y. Y., Sumianto, S., & Aprinawati, I. (2023). Pengembangan model pembelajaran berdiferensiasi berbasis nilai karakter dalam kearifan lokal pada perspektif pendidikan global di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 2936-2941.
Lupita, L., & Hidajat, F. A. (2022). Desain differentiated instruction pada materi statistika untuk peserta didik SMP: Alternatif pembelajaran bagi siswa berbakat. Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 388-400.
Marlina. (2020). Strategi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah inklusif (Edisi Pertama). Padang: Afifa Utama.
Riduwan. (2006). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.
Sarnoto, A. Z. (2024). Model pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Journal on Education, 6(3), 15928-15939.
Septyana, E., Indriati, N. D., Indiati, I., & Ariyanto, L. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada materi program linear. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 6(2), 85-94.
Setiawati, R., Aminudin, M., & Basir, M. A. (2023). Analisis literasi numerasi peserta didik dalam menyelesaikan masalah uncertainty dan data. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 123–133.
Susanti, E., Alfiandra, A., Ramadhan, A. R., Nuriyani, R., Dameliza, O., & Sari, Y. K. (2023). Optimalisasi pembelajaran berdiferensiasi konten dan proses pada perencanaan pembelajaran PPKn. Educatio, 18(1), 143-153.
Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IX I semester genap SMP Negeri 1 Wera tahun pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 93-102.
Yuliana, R., & Sugiyono. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan PMRI pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk SMP kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 60-67.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika agree to the following terms: Authors retain copyright and grant MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).