Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Soal Cerita untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Iva Desi Ruliani Universitas PGRI Semarang
  • Heni Purwati Universitas PGRI Semarang
  • Windiarti Windiarti SMK Negeri 7 Semarang
  • Lukman Harun Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31002/mathlocus.v5i1.4314

Keywords:

Model discovery learning, soal cerita, hasil belajar

Abstract

 Berdasarkan hasil observasi pembelajaran, ditemukan beberapa siswa masih kebingungan saat mengubah soal cerita ke dalam bentuk simbol matematika dan tidak fokus dalam pembelajaran saat dilakukan observasi di kelas. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas X PPLG 2 SMK Negeri 7 Semarang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pada siklus 1 ketuntasan klasikal siswa mencapai 64%, sedangkan pada siklus 2 ketuntasan klasikal siswa mencapai 86%. Selisih ketuntasan klasikal sebesar 22%. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan hasil belajar melalui penggunaan model discovery learning berbasis soal cerita.

References

Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18. https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2568

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Fahmi, Iswan Setiadi, Diah Elmawati, & Sunardi. (2019). Discovery Learning Method For Training Critical Thinking Skills Of Students. https://doi.org/10.5281/ZENODO.3345924

Maidiyah, E. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. 01(2).

Muhammad, I., & Juandi, D. (2023). Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama: A Bibliometric Review. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 11(1), 74–88. https://doi.org/10.34312/euler.v11i1.20042

Nugraha, G., Sarkani, S., & Supianti, I. I. (2020). Penerapan Model Discovery LearningUntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 10 No 1. https://doi.org/10.23969/pjme.v10i1.2439

Prasetya, T.A., Harjanto, C.T. (2020). Improving Learning Activities and Learning Outcomes Using The Discovery Learning Method. Journal of Mechanical Engineering Education. 5(1), 59-66.

Rahmayanti, M. (2021). Application of the Discovery Learning Teaching Model in Mathematics Subjects. Community Medicine and Education Journal, 2(1), 144–150. https://doi.org/10.37275/cmej.v2i1.113

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Umayah, Y. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Mengatasi Kecemasan Matematika Siswa SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 74. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1778

Yunita, N., & Anwar, W. S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. 03.

Downloads

Published

2024-08-11