Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Soal Cerita untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31002/mathlocus.v5i1.4314Keywords:
Model discovery learning, soal cerita, hasil belajarAbstract
Berdasarkan hasil observasi pembelajaran, ditemukan beberapa siswa masih kebingungan saat mengubah soal cerita ke dalam bentuk simbol matematika dan tidak fokus dalam pembelajaran saat dilakukan observasi di kelas. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas X PPLG 2 SMK Negeri 7 Semarang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pada siklus 1 ketuntasan klasikal siswa mencapai 64%, sedangkan pada siklus 2 ketuntasan klasikal siswa mencapai 86%. Selisih ketuntasan klasikal sebesar 22%. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan hasil belajar melalui penggunaan model discovery learning berbasis soal cerita.
References
Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18. https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2568
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Fahmi, Iswan Setiadi, Diah Elmawati, & Sunardi. (2019). Discovery Learning Method For Training Critical Thinking Skills Of Students. https://doi.org/10.5281/ZENODO.3345924
Maidiyah, E. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. 01(2).
Muhammad, I., & Juandi, D. (2023). Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama: A Bibliometric Review. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 11(1), 74–88. https://doi.org/10.34312/euler.v11i1.20042
Nugraha, G., Sarkani, S., & Supianti, I. I. (2020). Penerapan Model Discovery LearningUntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 10 No 1. https://doi.org/10.23969/pjme.v10i1.2439
Prasetya, T.A., Harjanto, C.T. (2020). Improving Learning Activities and Learning Outcomes Using The Discovery Learning Method. Journal of Mechanical Engineering Education. 5(1), 59-66.
Rahmayanti, M. (2021). Application of the Discovery Learning Teaching Model in Mathematics Subjects. Community Medicine and Education Journal, 2(1), 144–150. https://doi.org/10.37275/cmej.v2i1.113
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Umayah, Y. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Mengatasi Kecemasan Matematika Siswa SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 74. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1778
Yunita, N., & Anwar, W. S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. 03.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika agree to the following terms: Authors retain copyright and grant MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).