Pengembangan Komik Digital Matematika sebagai Media Literasi Matematika Siswa Kelas IX SMP
DOI:
https://doi.org/10.31002/mathlocus.v5i1.4313Keywords:
media pembelajaran, komik digital matematika, literasi matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berupa komik digital matematika sebagai media literasi matematika siswa kelas IX SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model Plomp. Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara tak terstruktur dengan guru dan siswa kelas IX, angket respon siswa dan guru, serta hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran komik digital matematika sebagai media literasi yang telah divalidasi oleh validator ahli materi, media, dan bahasa sangat valid dengan rata-rata indeks validasi 85,68%. Praktikalitas media komik berdasarkan angket respon dengan rata-rata 88% dengan kategori sangat praktis, dan efektivitas media komik digital berdasarkan tes siswa mendapatkan hasil 94% dengan kategori efektif. Media pembelajaran komik digital matematika sebagai media literasi siswa yang telah valid dikembangkan melalui proses penilaian formatif yang mencakup penilaian diri sendiri, penilaian para ahli, penilaian satu-satu, dan penilaian kelompok kecil. Kemudian, tahapan terakhir penilaian (assessment phase), dilakukan penilaian untuk mengetahui apakah produk yang dihasilkan memenuhi harapan praktis dalam pembelajaran dengan menggunakan uji praktikalitas dan uji efektivitas. Penilaian dilakukan di kelas IX SMP dengan jumlah siswa 32 orang. Hasil dari penilaian media yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian, media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan.
References
Abidin, Y., Mulyati, T. and Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Akker, J. Van Den et al. (2013). Educational design research: An introduction. Educational design research. Netherlands: SLO Enschede. Available at: http://www.fi.uu.nl/publicaties/literatuur/educational-design-research-part-a.pdf (Accessed: 4 May 2024).
Angresia, Y. et al. (2022). Komik Digital : Media Pembelajaran Pemrograman Dasar di SMK Negeri 1 Ampek Nagari. Intellect : Indonesian Journal of Learning and Technological Innovation, 1(2), pp. 219–235. Available at: https://doi.org/10.57255/INTELLECT.V1I2.204.
Anwar, N.T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21’, Prisma, 1, pp. 364–370. Available at: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19603/9527 (Accessed: 4 May 2024).
Arthamevia, A.T., Wahyuni, F.T. and Mursyid, A.Y. (2022). The Development of Digital Comics Learning Media Based Ethnomathematics of Kretek Dance Integrated with Islamic Values.Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 5(2), pp. 147–168. Available at: https://doi.org/10.21043/JPMK.V5I2.16174.
Daryanto. (2016). Media pembelajaran : peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. 2nd edn. Yogyakarta: Gava Media.
Fahrurrozi and Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok: Universitas Hamzanwadi Press.
Gumelar, M.S. (2011). Comic making cara membuat komik. Jakarta: PT. Indeks. Available at: https://onesearch.id/Record/IOS3239.slims-10883?widget=1 (Accessed: 4 May 2024).
Hasan, M. et al. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media. Available at: http://eprints.unm.ac.id/20720/ (Accessed: 4 May 2024).
Hodaňová, J. and Nocar, D. (2016). Mathematics Importance In Our Life. Inted 2016 Proceedings, 1, pp. 3086–3092. Available at: https://doi.org/10.21125/INTED.2016.0172.
Indriani, A. and Novianti, D.E. (2018). The Mathematical Literation Skill of Indonesian Elementary School Student. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(3). Available at: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/1193/ (Accessed: 4 May 2024).
Linda, L. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGMI Semester III STAI Syekh Manshur Pada Mata Kuliah Matematika II Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS).CakrawalaPedagogik, 4(1), pp. 91–98. Available at: https://doi.org/10.51499/CP.V4I1.144.
Mashuri, S. (2019).Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Nurbaiti. (2023). Literasi Matematika Ala Desa. Lombok Tengah: Pusat pengembang Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
OECD. (2016).PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education. Available at: https://www.oecd.org/publications/pisa-2015-results-volume-i-9789264266490-en.htm (Accessed: 4 May 2024).
Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?.Journal of Mathematics Education © Education for All, 4(1), pp. 89–100.
Riduwan. (2018). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. Available at: https://cvalfabeta.com/product/cskala-pengukuran-variabel-variabel-penelitian/ (Accessed: 4 May 2024).
Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, pp. 470–477. Available at: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5798 (Accessed: 4 May 2024).
Susanti, E. (2022). Keterampilan Membaca. Ketiga. Bogor: In Media. Available at: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/66899/1/Keterampilan%20Membaca%20Elvi%20Susanti.pdf (Accessed: 4 May 2024).
Syawahid, M. and Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), pp. 222–240. Available at: https://doi.org/10.20414/BETAJTM.V10I2.121.
Vitantri, C.A. and Syafrudin, T. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Pemecahan Masalah Soal Cerita. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), pp. 2108–2120. Available at: https://doi.org/10.24127/AJPM.V11I3.5091.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika agree to the following terms: Authors retain copyright and grant MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).