Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Soal PISA Ditinjau dari Minat Siswa SMP terhadap Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31002/mathlocus.v5i2.4312Keywords:
kemampuan pemecahan masalah, minat, PISAAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada soal PISA ditinjau dari minat siswa terhadap matematika. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Ulul Albab, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Subjek penelitian yang dipilih adalah siswa SMP kelas 9 SMP Ulul Albab berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket minat siswa terhadap matematika dan soal PISA tahun 2012 dengan bidang konten matematikanya adalah kuantitas untuk melihat kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan tahapan Polya. Instrumen penelitian ini adalah angket minat siswa terhadap pelajaran matematika dan soal PISA tahun 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki kategori minat terhadap matematika sedang atau tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika lebih baik dibandingkan siswa yang kategori minatnya terhadap matematika rendah. Siswa yang kategori minatnya rendah tidak mengetahui apapun mengenai soal tersebut, kemudian menuliskan apa saja yang diketahui dan ditanyakan atau siswa hanya mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan. Namun siswa tidak dapat melanjutkan pengerjaan dari memahami masalah ke tahap merencanakan penyelesaian, tahap melaksanakan penyelesaian, dan tahap memeriksa kembali.
References
Aftriyati, L. W., & Roza, Y. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan minat belajar matematika siswa SMA Pekanbaru pada materi SPLTV. Jurnal Matematika, Statistika, dan Komputasi 16(2), 226–240.
Agustin, P. T. F., & Hartanto, S. (2018). Pengaruh minat belajar dan kecemasan matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 4(1), 92-98.
Aljaberi, N. M., & Gheith, E. (2016). Preservice class teacher’ ability in solving mathematical problems and skills in solving daily problems. Higher Education Studies, 6(3), 32-47.
Awaliyah, W., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan minat belajar terhadap kemampuan penalaran matematik siswa SMP pada materi lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 93-98.
Asri, A., Kurniati, N., Triutami, T. W., & Turmuzi, M. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) ditinjau dari minat belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Masbagik tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 742–751.
Chairani, Z. (2016). Metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(1), 1-8.
Laila, Z., Aima, Z., & Yunita, A. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari minat belajar siswa. Jurnal Horizon Pendidikan, 1(3), 588-600.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Ng, P.T. (2017). Learning from Singapore: The power of paradoxes (1st ed.). London: Routledge.
Organisation for Economics Co-operation and Development. (2017). PISA 2015 assessment and analytical framework: Science, reading, mathematic, financial literacy and collaborative problem solving. Paris: OECD Publishing.
Pardimin, P., Widodo, S, A., & Purwaningsih, I, E. (2007). Analisis butir soal tes pemecahan masalah matematika. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Pendidikan, 1(1), 69-76.
Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari minat. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 4(1), 168-179.
Polya, G. (1981). Mathematical discovery. New York: John Willey & Son.
Siswono, T. Y. E. (2019). Paradigma penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika agree to the following terms: Authors retain copyright and grant MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).