LKPD Tenun Troso: Apakah Mampu Memfasilitasi Pemahaman Konsep Transformasi Geometri?

Authors

  • Dian Permatasari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Dewi Maisaroh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31002/mathlocus.v5i1.4301

Keywords:

LKPD, Tenun Troso, pemahaman konsep, transformasi geometri

Abstract

Banyak peserta didik kesulitan memahami transformasi geometri karena kurangnya
penguasaan konsep dan LKPD yang ada belum memadai dalam memfasilitasi hal
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik
(LKPD) berbasis motif Tenun Troso yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi
pemahaman konsep pada materi transformasi geometri. Penelitian ini merupakan
penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE, yaitu
Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi LKPD Tenun Troso, angket
respon peserta didik, angket respon peserta didik, dan soal posttest pemahaman konsep.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan
memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor hasil penilaian adalah 153,4 dan termasuk
dalam kategori “sangat baik”, praktis dengan skor rata-rata angket respon peserta didik
56,75 dan berada dalam kriteria “praktis”, dan efektif dengan persentase keefektifan hasil
belajar peserta didik adalah 62,5% dan berada dalam kriteria “baik”. Dengan demikian,
LKPD Tenun Troso telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif maka LKPD telah layak
digunakan dalam pembelajaran.

References

Buyung, & Hendriana, E. C. (2020). kemampuan pemahaman konsep matematika Mahasiswa menggunakan lembar kerja mahasiswa (LKM) berbasis etnomatematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 1–9. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/2928

Hadi, S., & Umi Kasum, M. (2015). Pemahaman konsep matematika siswa smp melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (pair checks). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 59–66. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630

Kholifah, I. S., Wijayanti, R. R. A., & Faulina, R. (2022). Analisis pemahaman konsep geometri transformasi dalam penerapan etnomatematika budaya batik tulis tanjung bumi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06, 1797–1809.

Kurnila, V. S., Danto, Y. S. S., Jundu, R., & Jelatu, S. (2019). Hubungan antara sikap pada matematika dan pemahaman konsep matematika siswa smp di kecamatan langke rembong. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 41–50. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.5898

Maf’ula, D. A., & Mardhiyana, D. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kriteria watson. Jurnal Mathematic Paedagogic, 4(1), 12. https://doi.org/10.36294/jmp.v4i1.691

Maulani, F. I., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi transformasi geometri. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 16–25. https://doi.org/10.32528/gammath.v5i1.3189

Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala desa kaliwadas cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 02, 201–210.

Paulina, T. S., & Adirakasiwi, A. G. (2022). Analisis kekeliruan dalam menyelesaikan soal transformasi ditinjau dari kemampuan awal matematika. JuMlahKu (Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan), 8(1), 84–94. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/1682

Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1–8.

Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika pada materi segitiga dan segiempat. 04(02), 645–656.

Rosliana, I. (2019). Pengembangan LKPD matematika dengan model learning cycle 7e berbantuan mind mapping. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 10–22. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.11.10-22

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521

Voni, S. N., Yunarti, T., & Koestoro, B. (2015). Pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi

Downloads

Published

2024-08-11