LKPD Tenun Troso: Apakah Mampu Memfasilitasi Pemahaman Konsep Transformasi Geometri?
DOI:
https://doi.org/10.31002/mathlocus.v5i1.4301Keywords:
LKPD, Tenun Troso, pemahaman konsep, transformasi geometriAbstract
Banyak peserta didik kesulitan memahami transformasi geometri karena kurangnya
penguasaan konsep dan LKPD yang ada belum memadai dalam memfasilitasi hal
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik
(LKPD) berbasis motif Tenun Troso yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi
pemahaman konsep pada materi transformasi geometri. Penelitian ini merupakan
penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE, yaitu
Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi LKPD Tenun Troso, angket
respon peserta didik, angket respon peserta didik, dan soal posttest pemahaman konsep.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan
memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor hasil penilaian adalah 153,4 dan termasuk
dalam kategori “sangat baik”, praktis dengan skor rata-rata angket respon peserta didik
56,75 dan berada dalam kriteria “praktis”, dan efektif dengan persentase keefektifan hasil
belajar peserta didik adalah 62,5% dan berada dalam kriteria “baik”. Dengan demikian,
LKPD Tenun Troso telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif maka LKPD telah layak
digunakan dalam pembelajaran.
References
Buyung, & Hendriana, E. C. (2020). kemampuan pemahaman konsep matematika Mahasiswa menggunakan lembar kerja mahasiswa (LKM) berbasis etnomatematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 1–9. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/2928
Hadi, S., & Umi Kasum, M. (2015). Pemahaman konsep matematika siswa smp melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (pair checks). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 59–66. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630
Kholifah, I. S., Wijayanti, R. R. A., & Faulina, R. (2022). Analisis pemahaman konsep geometri transformasi dalam penerapan etnomatematika budaya batik tulis tanjung bumi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06, 1797–1809.
Kurnila, V. S., Danto, Y. S. S., Jundu, R., & Jelatu, S. (2019). Hubungan antara sikap pada matematika dan pemahaman konsep matematika siswa smp di kecamatan langke rembong. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 41–50. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.5898
Maf’ula, D. A., & Mardhiyana, D. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kriteria watson. Jurnal Mathematic Paedagogic, 4(1), 12. https://doi.org/10.36294/jmp.v4i1.691
Maulani, F. I., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi transformasi geometri. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 16–25. https://doi.org/10.32528/gammath.v5i1.3189
Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala desa kaliwadas cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 02, 201–210.
Paulina, T. S., & Adirakasiwi, A. G. (2022). Analisis kekeliruan dalam menyelesaikan soal transformasi ditinjau dari kemampuan awal matematika. JuMlahKu (Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan), 8(1), 84–94. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/1682
Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1–8.
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika pada materi segitiga dan segiempat. 04(02), 645–656.
Rosliana, I. (2019). Pengembangan LKPD matematika dengan model learning cycle 7e berbantuan mind mapping. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 10–22. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.11.10-22
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Voni, S. N., Yunarti, T., & Koestoro, B. (2015). Pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika agree to the following terms: Authors retain copyright and grant MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).