Pengembangan E-Comic Berbasis Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Tunarungu
DOI:
https://doi.org/10.31002/mathlocus.v5i2.4297Keywords:
e-comic, kemampuan komunikasi matematis, RME, tunarunguAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari ecomic berbasis Realistics Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan utama analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-B SLB Negeri Jepara dengan sampel berjumlah 7 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian ini adalah produk e-comic berbasis RME yang berada pada kategori sangat valid dengan persentase 91% dari validator materi dan 85% dari validator media. Produk e-comic berbasis RME juga berada pada kategori sangat praktis dengan persentase 89% berdasarkan respon siswa. Kemudian produk e-comic berbasis RME juga dinyatakan efektif dengan adanya perbedaan uji rata-rata pada hasil pre-test dan post-test, serta terdapat peningkatan nilai pre-test dan post-test dengan skor N-Gain 0,5485 yang termasuk dalam kategori sedang. Selanjutnya, produk perlu dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan materi, soal, jenis aplikasi, serta lebih difokuskan pada kemampuan komunikasi matematis.
References
Alfajri, A. R., Maizora, S., & Agustinsa, R. (2019). Kepraktisan soal-soal higher order thinking untuk menghasilkan soal yang praktis untuk siswa kelas XI MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 188-195.
Ansori, H., & Sari, E. M. (2016). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran contextual teaching and learning kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika (EDU-MAT), 4(1), 32-39.
Anugraheni, I. (2017). Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar guru-guru sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 205-212.
Asikin, M., & Junaedi, I. (2013). Kemampuan komunikasi matematika siswa SMP dalam setting pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(1), 203-213.
Astuti, E.P., Yuzianah, D., & Purwoko, R.Y. (2018). Needs analysis dalam pengembangan media pembelajaran matematika e-komic untuk peserta didik SMP. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 4(1), 10-18.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). New York: Springer.
Farda, U.J., Widyiastuti, I., Shobirin, M., & Imron, A. (2022, September). Validitas media pembelajaran komik pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan literasi sains di madrasah ibtidaiyah. Makalah dipresentasikan pada Konferensi Nasional PD-PGMI Se-Indonesia FTIK UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Fitriani, D., & Latifah, N. A. (2021). Komunikasi matematis dalam pembelajaran Matematika SMP. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 55-62.
Hadi, S. (2017). Pendidikan matematika realistik: Teori, pengembangan, dan implementasinya. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A sixthousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.
Khalil, N. A., & Wardana, M. R. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan aplikasi scratch untuk meningkatkan higher order thinking skill siswa sekolah dasar advancement of mathematics learning media using the scratch application to enhace higher order. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 121-130.
Kushartina, S.S. (2019). Pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan operasi hitung pecahan anak tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, 12(3), 1-11.
Lestari, R.M., & Prahmana, R.C.I. (2018). Desain pembelajaran logaritma untuk peserta didik SMA kelas X. Jurnal Gantang, 3(1), 31-40.
Maghfirah, D. (2019). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah pada materi aritmetika sosial SMPN 2 Sungguminasa. Skripsi. UIN Alauddin Makassar.
Munir, M., & Sholehah, H. (2020). Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal AlMuta’aliyah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33-42.
Nalurita, B.R., Nurcahyono, A., Walid, & Wardono. (2019, Februari). Optimalisasi pemecahan masalah matematis pada pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan e-comic math. Makalah dipresentasikan pada seminar nasional matematika Universitas Semarang, Semarang, Jawa Tengah.
Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada topik penyajian data di pondok pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207-222.
Rahmata, A., Tuljannah, L., Chotimah, S.C., & Fiangga, S. (2020). Validitas e-comic matematika berbasis pemecahan masalah pada materi kesebangunan. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(1), 53- 65.
Rahmawati, R., Masi, L., Kadir, K., & Jafar, J. (2018). Perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 4 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 205-217.
Ramadhani, L., Johar, R., & Ansari, B. I. (2021). Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari keterlibatan siswa melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(1), 68-84.
Riduwan. (2018). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sari, B. K. (2017). Desain pembelajaran ADDIE dan implementasinya dengan teknik jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 87-102.
Saridewi, D. P., Aungsuroch, Y., & Juanamasta, I. G. (2023). Independence of deaf students through mesatue method using cartoon media in Hindu religious learning. Journal of Education Technology, 7(1), 99-108.
Savitri, E., & Panjaitan, R. G. P. (2016). Respon siswa terhadap e-comic bilingual saluran dan kelenjar pencernaan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(8), 1-10.
Sembiring, R.K., Hadi, S., & Dolk, M. (2008). Reforming mathematics learning in Indonesian classrooms through RME. ZDM Mathematics Education, 40, 927-939.
Siregar, N. F. (2018). Komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, 6(2), 74-84.
Siregar, N., Suherman, S., Masykur, R., & Ningtias, R. S. (2019). Pengembangan media pembelajaran e-comic dalam pembelajaran matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 11-19.
Siswanto, Susila, & Suyatno. (2017). Metodologi penelitian kombinasi kualitatif-kuantitatif kedokteran & kesehatan. Klaten: BOSSSCRIPT.
Smetana, L., Odelson, D., Burns, H., & Grisham, D. L. (2009). Using graphic novels in the high school classroom: Engaging deaf students with a new genre. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 53(3), 228-240.
Streiner, D. L. (2003). Starting at the beginning: An introduction to coefficient alpha and internal consistency. Journal of Personality Assessment, 80(1), 99-103.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suri, F. I., Anggoro, B. S., Komarudin, K., & Fahmi, R. R. (2022). Improving mathematic communication ability through islamic math e-comic media: A study on building flat sides. Desimal: Jurnal Matematika, 5(2), 223-234.
Tafrilyanto, C. F., Hasanah, S. L., & Septaria, D. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada materi bangun ruang untuk siswa berkebutuhan khusus. Prosiding Universitas Muhammadiyah Surakarta, 341-350.
Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97-104.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika agree to the following terms: Authors retain copyright and grant MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).