Analisis Pemahaman Relasional Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Soal Three Tier Multiple Choice

Vika Yuniana Putri, Padrul Jana, Rosalia Indriyati Saptatiningsih, Enjang Mahanani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman relasional siswa dalam memecahkan masalah matematika menggunakan soal three tier multiple choice. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dengan pemilihan subjek berdasarkan kriteria tertentu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Kabupaten Bantul. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes three tier multiple choice pemahaman relasional, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman relasional dalam memecahkan masalah matematika pada siswa berkemampuan pemahaman tinggi dapat memenuhi semua indikator pemahaman relasional dari kategori paham konsep, miskonsepsi false positif, dan miskonsepsi. Siswa berkemampuan pemahaman sedang dapat memenuhi tiga indikator pemahaman relasional dari kategori paham konsep dan miskonsepsi. Sedangkan siswa berkemampuan pemahaman rendah belum sepenuhnya memenuhi semua indikator pemahaman relasional dari kategori paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep. Hal ini terlihat ketika siswa dapat memecahkan masalah matematika dan dapat menyatakan alasan setiap langkah yang dilakukannya.


Keywords


solving mathematical problems, relational understanding, three tier multiple choice

Full Text:

PDF

References


Cetin-Dindar, A. & Geban, O. (2011). Development of a three-tier test to assess high school students’ understanding of acids and bases. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 15, 600–604.

Hidayat, W., & Fauzi, F. (2023). Analisis miskonsepsi siswa kelas XII MAN Kota Cimahi pada materi limit fungsi aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(2), 561–572.

Istiyani, R., Muchyidin, A., & Rahardjo, H. (2018). Analisis miskonsepsi siswa pada konsep geometri menggunakan three-tier diagnostic test. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 223–236.

Murtalib, M. (2019). Explorasi pemahaman relasional siswa SMP berkemampuan matematika tinggi dalam pemecahan masalah lingkaran. Pedagogos: Jurnal Pendidikan, 1(2), 11–26.

Muryani, D. I., Jana, P., & Umasugi, S. M. (2022). The students’ misconceptions in using three-tier multiple choice diagnostic test on the angle relationships. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 12(1), 25–34.

Mustaghfirin, A. (2014). Analisis pemahaman relasional matematika

siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 3 Malang dalam memecahkan masalah

bangun ruang. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). Diakses dari https://repository.um.ac.id/110410/

Rismawati, M., & Hutagaol, A. S. R. (2018). Analisis kemampuan

pemahaman konsep matematika mahasiswa PGSD STKIP Persada

Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 91-105.

Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji validitas pengembangan tes untuk mengukur kemampuan pemahaman relasional pada materi persamaan kuadrat siswa kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1),

–65.

Suhendri, H & Fadilah, I. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas V pada materi kubus dan balok. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 161–183.

Tantowi, A., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematik siswa kelas VII pada materi bangun datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 687–694.

Totti, N. B. S. J., Isnaeni, A. N., Ramadhani, A. D., & Trimurtini.

(2023). Implementasi model PJBL dalam materi geometri kelas VI SD

berbasis teori Van Hiele. Jurnal Cerdas Proklamator, 11(1), 1–13.

Tse, A. D. P., Suprojo, A., & Adiwidjaja, I. (2017). Peran kader posyandu terhadap pembangunan kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6(1), 60–62.

Yazidah, N. I., Argarini, D. F., & Sulistyorini, Y. (2018). Analysis on

relational-understanding in solving problem for field independent

students. AL-TA’LIM JOURNAL, 25(3), 272–280.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v4i2.4261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.