Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Statistika

Nisa Permatasari, Rusdi Hamdany Nuary, Ageng Triyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah statistika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Sebanyak 43 siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang telah melaksanakan pembelajaran statistika dilibatkan sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang telah dinyatakan valid dengan muatan indikator: (1) fluency, (2) flexibility, (3) originality, dan (4) elaboration. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes tertulis yang diikuti proses wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara diinterpretasikan berdasarkan pencapaian indikator kemampuan berpikir kreatif matematis, yang selanjutnya dihitung jumlah persentase siswa yang berhasil mencapai indikator-indikator tersebut. Siswa dikatakan memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis jika dapat mencapai keempat indikator yang digunakan. Hasil analisis data menunjukkan 83,72% siswa mencapai indikator fluency, 84,50% mencapai indikator flexibility, 63,64% mencapai indikator originality, dan 83,72% mencapai indikator elaboration.

Keywords


analysis, mathematical creative thinking, statistics

Full Text:

PDF

References


Amidi, A., & Zahid, M. Z. (2017). Membangun kemampuan berpikir kreatif matematis dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan e-learning. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 586–594.

Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP pada materi bangun ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 239–248.

Arikan, E. E. (2017). Is there a relationship between creativity and mathematical creativity? Journal of Education and Learning, 6(4), 239-253.

Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan pembelajaran berbasis alternative solutions worksheet untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225–233.

Ayuningtyas, W., Triyono, A., Marhaeni, N. H., & Ramos, S. V. (2023). The effectiveness of model eliciting activities on increasing mathematical creative thinking. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 6(1), 11–24.

Chesimet, M. C., Githua, B. N., & Ng’eno, J. K. (2016). Effects of experiential learning approach on students’ mathematical creativity among secondary school students of Kericho East Sub-County, Kenya. Journal of Education and Practice, 7(23), 51–57.

Effendi, K. N. S., & Farlina, E. (2017). Kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VII dalam penyelesaian masalah statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130-137.

Hahs-Vaughn, D. L., & Lomax, R. (2020). An Introduction to Statistical Concepts (4th ed.). New York: Routledge.

Hendriana, H., & Fadhillah, F. M. (2019). The students’ mathematical creative thinking ability of junior high school through problem-solving approach. Infinity Journal of Mathematics Education, 8(1), 11-20.

Muin, A., Permatasari, N., & Musyrifah, E. (2018). The effect of cybernetic learning toward students’ mathematical creative thinking. In Proceedings of the 2nd International Conference on Quran and Hadith Studies Information Technology and Media in Conjunction with the 1st International Conference on Islam, Science and Technology, ICONQUHAS & ICONIST, 1–9.

NEA. (2016). Preparing 21st century students for a global society: An educator’s guide to the “four cs”. Washington DC: National Education Association.

Rahmawati, D. A., & Firmansyah, D. (2023). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP kelas VIII dalam materi SPLDV. Jurnal Didactical Mathematics, 5(2), 485– 493.

Suherman, S., & Vidákovich, T. (2022). Assessment of mathematical creative thinking: A systematic review. Thinking Skills and Creativity, 44, 1- 13.

Ulfah, U., Prabawanto, S., & Jupri, A. (2017). Students’ mathematical creative thinking through problem posing learning. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 1-7.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v4i2.4241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.