Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa

Risma Firda Diana, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Motivasi belajar merupakan dorongan dari diri siswa untuk belajar. Pemahaman matematis merupakan tujuan pembelajaran matematika karena kemampuan pemahaman matematis diperlukan untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya serta besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa MI Al Hidayah Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket motivasi dan tes pemahaman matematis. Instrumen penelitian diberikan kepada subjek penelitian untuk mengumpulkan data terkait motivasi serta pemahaman matematis subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,217 yang berarti memberikan pengaruh dalam kategori rendah. Dapat dikatakan bahwa siswa kelas VI MI Al Hidayah Surabaya sebagian memiliki motivasi belajar yang berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman matematis. Lebih lanjut, berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh informasi bahwa pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa MI Al Hidayah Surabaya sebesar 47%. Dengan kata lain, 53 % dipengaruhi oleh variabel lain


Keywords


learning motivation, mathematical understanding, influence

Full Text:

PDF

References


Abnisa, A. P. (2021). Prinsip-prinsip motivasi dalam perspektif al-qur’an (Disertasi tidak dipublikasikan). Program Doktoral Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta.

Aminah, N., & Wahyuni, I. (2019). Keterampilan dasar mengajar. Cirebon: LovRinz Publishing.

Chotimah, U., & Mariyani. (2021). Buku ajar evaluasi pembelajaran PPKn. Palembang: Bening Media Publishing.

Dimyati, & Mudjiono, (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Lestari, E. T. (2020). Cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018, Februari). Pengaruh motivasi belajar

dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta.

Narca, A. L. G., & Caballes, D. G. (2021). Learning motivation: Strategies to increase student’s engagement in online learning at San Sebastian College-Recoletos, Manila. International Journal of Asian Education (IJAE), 2(4), 573-580.

Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. SPEJ (Science and Physics Education Journal), 3(2), 57-75.

Nugraha, D. G. A. P., Astawa, I. W. P., & Ardana, I. M. (2019). Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap pemahaman konsep dan kelancaran prosedur matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 75-86.

Saadati, F., & Celis, S. (2023). Student motivation in learning mathematics in technical and vocational higher education: Development of an instrumen. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology (IJEMST), 11(1), 156-178.

Setiawan, W., Bharata, H., & Caswita. (2017). Pengaruh discovery learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(9), 1027-1039.

Tohidi, H., & Jabbari, M. M. (2011). The effects of motivation in education. ELSEVIER, 31(2012), 820.824.

Tran, L. T., & Nguyen, T. S. (2021). Motivation and mathematics achievement: A Vietnamese case study. Journal on Mathematics Education (JME), 12(3), 449-468.

Uno, H. B. (2016). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Zamsir, Masi, L., & Fajrin, P. (2015). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 170-181.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v4i2.4238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.