Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy pada Peserta Didik Kelas VIII
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agnah, S. M., Rusdi, & Herlanti, Y. (2018). Pengaruh metode peta argumen dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis. EDUSAINS, 10(2), 217-225.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: W. H. Freeman & Company.
Facione, P. A. (2011). Critical thinking: What is and what is counts. Insight Assesment (ISBN: 13: 978-1-891557-07-01), 1-28.
Gambrill, E. (2018). Critical thinking and the process of evidence-based practice. USE: Oxford University Press. Diakses pada tanggal 1 Desember 2022.
Ghufron, M. A. & Ermawati, S. (2018). The strengths and weaknesses of
cooperative learning and problem based learning in EFL writing class:
Teachers and students’ perspectives. International Journal of Instruction, 11(4), 657-672.
Hari, L. V., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh self efficacy
terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. JPMI: Jurnal
Pendidikn Matematika Inovatif, 1(3), 435-444.
Herdiansyah, K. (2018). Pengembangan LKPD berbasis model problem based
learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Eksponen, 8(1), 25-33.
Indraningtias, D. A. & Wijaya, A. (2017). Pengembangan perangkat
pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik materi bangun
ruang sisi datar berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa
kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(5), 24- 36.
Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan self-efficacy siswa SMP dengan
kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal THEOREMS (The
Original of Mathematics), 1(2), 24-30.
Kamil, G. (2022). Penerapan model desain instruksional Dick and Carey dalam pembelajaran matematika kelas VIII semester genap SMP pada materi
bangun ruang sisi datar. Jurnal Perspektif, 1(1), 100-111.
Novferman, N. (2016). Analisis kesulitan dan self-efficacy siswa SMP dalam
pemecahan masalah matematika berbentuk soal cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76-87.
Nugraha, D. M. D. P. & Juniayanti, D. (2023). The effectiveness of problem
based learning using CPS-thinking frame on critical thinking ability in
terms of students’ self efficacy. JPDF: Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 450-457.
Pertiwi, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik SMK pada materi matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 821-831.
Prastowo, A. (2014). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif:
Menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.
Jogjakarta: DIVA Press.
Putri, N. P. I. A., Pujani, N. M. & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap keterampilan
sosial dan prestasi belajar siswa SMP. JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(2), 92-103.
Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil
belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendididkan Dasar, 289-302.
Ratnawulan, E. & Rusdiana, A. (2014). Evaluasi pembelajaran dengan
pendekatan kurikulum 2013.
Bandung: Pustaka Setia. Safna, P. O. & Wulandari, S. S. (2022). Pengaruh motivasi, disiplin belajar, dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(2), 140-154.
Sasmita, R. S. & Harjono, N. (2021). Efektivitas model problem based
learning dan problem posing dalam meningkatkan kemampuan berpikir
kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3472-3481.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 35-43.
Syahlan., Malay, I., & Matondang, A. (2022). Perbedaan model problem
based learning dan model kooperatif ditinjau dari kemampuan penalaran
matematis siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 306-314.
Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2021). Peningkatan
hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran tematik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2294-2304.
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX, 217-225.
Utari, L., Destiniar, & Syahbana, A. (2020). Pengaruh model pembelajaran
JUCAMA terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari
self efficacy siswa SMP. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 35-47.
DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v4i2.4235
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.