Analisis Kemampuan Literasi Matematika Pada Materi Bilangan Rasional Kelas VII SMP Kartika XII-1 Ditinjau Dari Motivasi Belajar

Martha Apriliana, Anis Nindita

Abstract


Literasi matematika sangat penting di dunia pendidikan, namun sangat disayangkan  prestasi  kemampuan tersebut kurang begitu membanggakan di kancah internasional. Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan PISA( Programme for Internasional Student Assesment) sejak tahun 2000.  Berdasarkan hasil survai PISA pada tahun 2022 menempatkan Indonesia pada posisi 71 dari 79 negara. Dalam mengembangkan literasi matematika dibutuhkan motivasi belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai bagaimana kemampuan literasi matematika ditinjau dari motivasi belajar dengan kategori rendah, sedang, dan tinggi. dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas VII B SMP Kartika XII-1. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen tes  literasi matematika yang terdiri dari 5 indikator dan non tes berupa angket motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitaian menunjukan peserta didik dengan motivasi belajar rendah kurang memenuhi indikator kemampuan literasi matematika. Peserta didik dengan motivasi belajar sedang setidaknya menenuhi 5 indikator kemampuan literasi matematika. Peserta didik dengan motivasi belajar tinggi memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematika. Hasil dari penelitian ini dapat memberikan informasi kepada pendidik mengenai kemampuan literasi matematika peserta didik ditinjau dari motivasi belajar dengan kategori rendah, sedang, dan tinggi.

Kata Kunci: Bilangan rasional, kemampuan literasi matematika, motivasi belajar

 


Keywords


Mathematical Literacy skills, learning motivation, rational numbers

Full Text:

PDF

References


Agustiani, S., Agustiani, N., & Nurcahyono, N. A. (2021). Analisis Berpikir Literasi Matematika Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. 4(2).

Balitbang Kemendikbud. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. .

Crockett, L., Jukes, I., & Churches, A. (2011). Literacy is not enough : 21st -century fluencies for the digital age. Washington DC: Corwin A Gase Company.

Fatchurrohman, M., Mulyono, M., & Rosyida, I. (2022a). Peran motivasi belajar terhadap literasi matematika pada peserta didik kelas VII . JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 342.

Fatchurrohman, M., Mulyono, M., & Rosyida, I. (2022b). Peran Motivasi Belajar Terhadap Literasi Matematika pada Peserta Didik Kelas VII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 342. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6275

Gal, I., & Tout, D. (2014). Comparison of PIAAC and PISA Frameworks for Numerasi and Matematical Literacy. OECD Education Working Papers. OECD Publishing.

Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers’ Conceptions of Mathematical Literacy. In International Journal of Education in Mathematics (Vol. 7, Issue 3). www.ijemst.com

Hera, R., & Sari, N. (n.d.). SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015 713 Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?

Kania, N. (2018). Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. 2(2), 1.

Machaba, F., & Du Plooy, M. (2019). Mathematics And Mathematical Literacy on the Career Podium-Shering Gold? African Journal of Research In Mathematics, Science and Technology Educatio, 23, 363–375.

OECD. (2019). PISA (2018) Assessment and Analytical Framework.

OEDC. (2023). Indonesia Student performance (PISA 2022).

Pratama Mahiuddin, W., Masi, L., & Anggo, M. (n.d.). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Di Kabupaten Konawe Dalam Perspektif Gender (An Analysis Of Mathematical Literacy Ability Of SMP Kabupaten Konawe In Gender Perspective). Wahyu Pratama Mahiuddin.

Priyono. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar pada Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan E-Modul Agito.

Saharudin. (2014). Memperkenalkan Konsep Dasar Pecahan Dengan Model Jerome Bruner. . Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika) , 6, 137–147.

Santia, I. (2018). 2748-6985-1-PB (1). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 3(2), 81–85.

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. .




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v4i2.4229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.