Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Materi Bilangan Rasional Kelas VII SMP Kartika XII-1 Ditinjau dari Motivasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31002/mathlocus.v4i2.4229Keywords:
Mathematical Literacy skills, learning motivation, rational numbersAbstract
Literasi matematika sangat penting di dunia pendidikan, namun sangat disayangkan prestasi kemampuan tersebut kurang begitu membanggakan di kancah internasional. Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan PISA( Programme for Internasional Student Assesment) sejak tahun 2000. Berdasarkan hasil survai PISA pada tahun 2022 menempatkan Indonesia pada posisi 71 dari 79 negara. Dalam mengembangkan literasi matematika dibutuhkan motivasi belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai bagaimana kemampuan literasi matematika ditinjau dari motivasi belajar dengan kategori rendah, sedang, dan tinggi. dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas VII B SMP Kartika XII-1. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen tes literasi matematika yang terdiri dari 5 indikator dan non tes berupa angket motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitaian menunjukan peserta didik dengan motivasi belajar rendah kurang memenuhi indikator kemampuan literasi matematika. Peserta didik dengan motivasi belajar sedang setidaknya menenuhi 5 indikator kemampuan literasi matematika. Peserta didik dengan motivasi belajar tinggi memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematika. Hasil dari penelitian ini dapat memberikan informasi kepada pendidik mengenai kemampuan literasi matematika peserta didik ditinjau dari motivasi belajar dengan kategori rendah, sedang, dan tinggi.
Kata Kunci: Bilangan rasional, kemampuan literasi matematika, motivasi belajar
References
Agustiani, S., Agustiani, N., & Nurcahyono, N. A. (2021). Analisis Berpikir Literasi Matematika Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. 4(2), 67-78.
Balitbang Kemendikbud. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018.
Crockett, L., Jukes, I., & Churches, A. (2011). Literacy is not enough : 21st -century fluencies for the digital age. Washington DC: Corwin A Gase Company.
Fatchurrohman, M., Mulyono, M., & Rosyida, I. (2022a). Peran motivasi belajar terhadap literasi matematika pada peserta didik kelas VII . JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 342.
Fatchurrohman, M., Mulyono, M., & Rosyida, I. (2022b). Peran Motivasi Belajar Terhadap Literasi Matematika pada Peserta Didik Kelas VII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 342. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6275
Gal, I., & Tout, D. (2014). Comparison of PIAAC and PISA Frameworks for Numerasi and Matematical Literacy. OECD Education Working Papers. OECD Publishing.
Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers’ Conceptions of Mathematical Literacy. In International Journal of Education in Mathematics (Vol. 7, Issue 3). www.ijemst.com
Hera, R., & Sari, N. (n.d.). SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015 713 Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?
Kania, N. (2018). Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. 2(2), 1.
Machaba, F., & Du Plooy, M. (2019). Mathematics And Mathematical Literacy on the Career Podium-Shering Gold? African Journal of Research In Mathematics, Science and Technology Educatio, 23, 363–375.
OECD. (2019). PISA (2018) Assessment and Analytical Framework.
OEDC. (2023). Indonesia Student performance (PISA 2022).
Pratama Mahiuddin, W., Masi, L., & Anggo, M. (n.d.). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Di Kabupaten Konawe Dalam Perspektif Gender (An Analysis Of Mathematical Literacy Ability Of SMP Kabupaten Konawe In Gender Perspective). Wahyu Pratama Mahiuddin.
Priyono. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar pada Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan E-Modul Agito.
Saharudin. (2014). Memperkenalkan Konsep Dasar Pecahan Dengan Model Jerome Bruner. . Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika) , 6, 137–147.
Santia, I. (2018). 2748-6985-1-PB (1). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 3(2), 81–85.
Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. .