Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Android “Si-Inka” Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Siti Kumawati, Fadhilah Rahmawati, Syita Fatih 'Adna

Abstract


Penelitian ini menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran matematika, dimana banyak peserta didik menghindari mata pelajaran ini karena dianggap sulit dan menakutkan. Analisis kebutuhan menunjukkan beberapa permasalahan, seperti kesulitan dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar, kecenderungan peserta didik menghafal tanpa pemahaman konsep, kemampuan pemahaman matematis yang rendah, dan kurangnya pembelajaran matematika yang diakulturasi dengan budaya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif android “Si-Inka” berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis. Metode pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, dengan subjek penelitian sebanyak 31 peserta didik kelas VIII A dan C. Hasil validasi dan uji kepraktisan menunjukkan bahwa aplikasi android “Si-Inka” dinyatakan valid dan praktis. Uji efektivitas dengan N-Gain menunjukkan Si-Inka efektif dalam penggunaannya dengan skor 0,6 pada kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini efektif meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar.


Keywords


flat-sided space structure, ethnomathematics, mathematical understanding ability, android interactive media.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49.

Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and psychological measurement, 45(1), 131-142.

Aini, B. O., Ayu, K. C., & Siswati. (2019). Pengembangan game puzzle sebagai edugame berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematika peserta didik SD. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 3(1), 74-79.

Anugrah, T. M., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2019, February).

Mathematics anxiety in dealing math exams. In Journal of Physics:

Conference Series, 1157(3), p.032101. IOP Publishing.

Arikunto, S. & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi program pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaraan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Boopathiraj, C., & Chellamani, K. (2013). Analysis of test items on difficulty level and discrimination index in the test for research in education. International journal of social science & interdisciplinary research, 2(2), 189-193.

Dewimarni, S. & Rismaini, L. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep statistika. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, 4(1), 289-293.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.

Haran, A., Hartoyo, A., & Sayu, S. (2019). Etnomatematika dalam merangkai manik masyarakat Dayak Kayaan Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1-8.

Kemendikbud. (2019). Laporan hasil ujian nasional. Diakses dari

https://hasilun.puspendik. kemdikbud.go.id/

Khalil, N. A., & Wardana, M. R. (2022). pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan aplikasi scratch untuk meningkatkan higher order thinking skill siswa sekolah dasar advancement of mathematics learning media using the scratch application to enhace higher order.Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 121-130.

Komarudin, K. & Thahir, A. (2019). Bahan ajar berbasis mathematical comic: Dampak terhadap peningkatan pemahaman matematis peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 98-110.

Lestari, I. D. (2018). Peranan guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) di SDN RRI Cisalak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2), 137-142.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Analisis kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah geometri transformasi berdasarkan latar belakang pendidikan menengah. Jurnal Matematika Integratif, 13(1), 28-33.

Maslaha, A. & Suryani, Y. J. (2018). Urgensi IPTEK dalam pengembangan pendidikan islam. tarbiyah wa ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 47-55.

Dali. (2005). Ukuran efek dalam laporan hasil penelitian. Diakses dari

http://dali. staff. gunadarma. ac. id/Publications/files/399/4861-aARCHE. doc.

Muhammad, A. F. N., & Novitasari, N. I. (2020). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika untuk meningkatkan pemahaman matematik siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 80-93.

Nahdi, D. S., Rasyid, A. & Cahyaningsih, U. (2020). Meningkatkan kompetensi profesional guru melalui pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 76-81.

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian tindakan kelas: Sebagai upaya

peningkatan kualitas pembelajaran, profesionalisme guru dan kompetensi belajar peserta didik. Deepublish. Diakses dari https://shorturl.at/jqzPQ

Pranata, D. (2018). Pengembangan Mobile Apps Android Dengan Pendekatan Scientific Bernuansa Islam Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).Diakses melalui http://repository.radenintan.ac.id/5174/

Rahmawati, F., Wisudawati, S. Y., Khulasoh, H. U., Lestari, A. K., Kamila, N. I., & Rahma, S. Y. (2021). Problematika pembelajaran daring pelajaran matematika di SMAN 1 Pejagoan Kabupaten Kebumen. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 23-33.

Republik Indonesia, 1945, Undang-Undang Dasar 1945, pasal 28C ayat (1).

Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Riduwan. (2008). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Setiyadi, D. (2021). Pengembangan bahan ajar bernuansa etnomatematika dengan permainan tradisional banyumas pada sekolah dasar. Jurnal Kiprah, 9(1), 30-38.

Sukmadinata. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syafira, C. D. (2021). Analisis kesulitan kemampuan representasi matematis field dependent dalam menyelesaikan soal matematika tentang materi sistem persamaan linear dua variabel (Doctoral dissertation Universitas Jambi). Diakses dari https://repository.unja.ac.id/28792/

Tafonao, T. & Ristiono, Y. B. (2020). Peran guru agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran dengan bantuan multimedia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 9-17.

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268-283.

Van de Walle, J. A. (1994). Elementary and middle school mathematics. Oronto: Longman Publishing Company.

Wafiyah, I. & Wintarti, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran m-learning berbasis android pada materi SPLDV. MATHEdunesa, 8(2), 124-127.

Wahyuni, T., Komarudin, K., & Anggoro, B. S. (2019). Pemahaman konsep matematis melalui model WEE dengan strategi QSH ditinjau dari selfregulation. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 65–72.

Wasida, M. R. & Hartono, H. (2018). Analisis kesulitan menyelesaikan

soal model ujian nasional matematika dan self-efficacy siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 82-95.

Zein. M & Darto. (2012). Evaluasi pembelajaran matematika. Pekanbaru: Daulat Riau.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v4i2.4225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.