Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Sherla Salsabila Adawiyah, Zuida Ratih Hendrastuti, Yesi Franita

Abstract


Tujuan penelitian yaitu (1) untuk menganalisis tingkat ketuntasan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran RME; (2) untuk menganalisis tingkat ketuntasan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung; dan (3) untuk menganalisis perbandingan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran RME berbantuan LKPD dengan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini memakai pendekatan penelitian kuantitatif berjenis quasi experiment design berbentuk post-test only control group design dengan populasi penelitian ialah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Magelang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, dan didapatkan kelas VIII C menjadi kelas eksperimen, sedangkan kelas VIII A menjadi kelas kontrol. Data penelitian didapatkan melalui tes kemampuan koneksi matematis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa kemampuan koneksi matematis peserta didik di kelas eksperimen mencapai ketuntasan. Sementara kemampuan koneksi matematis peserta didik di kelas kontrol belum mencapai ketuntasan. Sementara itu, rata-rata kemampuan koneksi matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran RME berbantuan LKPD lebih baik daripada kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran langsung.


Keywords


mathematical connection ability; student worksheets; RME learning model

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., Isrok’atun, & Kurniadi, Y. (2016). Pendekatan realistic mathematics education untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematis siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 991–1000.

Andriani, T., Suastika, K., & Sesanti, N.. (2017). Analisis kesalahan konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri kelas X TKJ SMKN 1 Gempol tahun pelajaran 2016/2017 Tifaniar. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 34–39.

Beladina, N., Suyitno, A., & Kusni. (2013). Keefektifan model pembelajaran CORE berbantuan LKPD terhadap kreativitas matematis. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3), 34-39.

Efrialinda, A., Yensy, N. A., & Rahimah, D. (2020). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP negeri 11 kota bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 433–441.

Hairida & Setyaningrum, V. (2020). The development of students worksheets based on local wisdom in substances and their characteristics in junior high school. Journal of Educational Science and Technology, 6(2), 106–116.

Khoiriyah, S. (2020). Rancangan pembelajaran berbasis pendekatan

Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas III sekolah dasar. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Latipah, E. D. & Alfriansyah, E. . (2018). Analisis kemampuan koneksi

matematis siswa menggunakan pendekatan pembelajaran CTL dan RME. Jurnal Matematika, 17(1), 1–12.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Prastowo, A. (2014). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif.

Yogyakarta: Diva Press.

Rohaendi, S., & Laelasari, N. I. (2020). Penerapan teori piaget dan vygotsky ruang lingkup bilangan dan aljabar pada siswa MTS Plus Karangwangi. Prisma, 9(1), 65–76.

Sari, E. P., & Karyati. (2020). Keefektifan model pembelajaran CORE ditinjau dari kemampuan koneksi matematis, representasi matematis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 227–240.

Setialesmana, D., Anisa, W. N., & Herawati, L. (2017). Asosiasi

kemampuan koneksi dan komunikasi matematik mahasiswa metode inkuiri model alberta. Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan, 3(2), 258–262.

Siagian, M. (2016). Kemampuan koneksi matematika dalam pembelajaran matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan RND.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Vinsensia, D. (2016). Upaya peningkatan hasil belajar dengan teknik diskusi kelompok pada pokok bahasan bilangan bulat dan pola bilangan oleh siswa SMP Negeri 1 Tanjung Pura Kab. Langkat. Jurnal Manajemen dan Informatika Komputer Pelita Nusantara, 19(1), 1–8.

Zulfitri, H., Aisyah, N., & Indaryanti. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika setelah pembelajaran dengan pendekatan MEAs pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. Jurnal Gantang, 4(1), 7–13.

Zuyyina, H., Wijaya, T. ., & Senjawati, E. (2018). Kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada materi lingkaran. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(2), 62–71.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v4i2.4223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.