Identifikasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 1 Bandongan pada Materi Persamaan Garis Lurus

Authors

  • Fitriani Lestari Universitas Tidar
  • Ahmad Syaifuddin Universitas Tidar
  • Arinda Hikma Wati Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.31002/mathlocus.v4i1.3186

Keywords:

mathematical ability, understanding of mathematical concepts, straight-line equations

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 1 Bandongan pada materi persamaan garis lurus. Metode yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII F SMP Negeri 1 Bandongan. Pengumpulan data menggunakan soal tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Teknik pengambilan data yang dilakukan yaitu 1) melakukan wawancara dengan guru matematika; 2) memberikan soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis kepada siswa; 3) menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep dan mengklasifikasikannya; 4) mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sesuai dengan kategorinya; dan 5) mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa secara keseluruhan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa tergolong sangat rendah karena siswa belum mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman konsep matematis.

References

Aledya, V. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa. May, 0–7.

Arikunto, S. (2009). Manajemen penelitian.

Rineka Cipta: Jakarta.

Depdiknas. (2006). Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi. Jakarta: Depdiknas.

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229-239.

Haryoko, S. & Jaya, H. (2017). Pengembangan media ajar pada mata kuliah pengantar pendidikan kejuruan. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 4(2), 104-112.

Imamuddin, M., Rusdi., Isnaniah & Audina, M. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan gaya belajar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 11-20.

Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan. Jurnal Analisa, 4(1), 179-187.

Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777-785.

Kencanawaty, G., Febriyanti, C. & Irawan, A. (2021). Pengembangan aplikasi pembelajaran matematika realistik berbasis android pada materi aljabar. LINEAR: Journal of Mathematics, 2(2), 25–34.

Makmuri, M., Wijayanti, D. A., Salsabila, E., & Fadillah, R. N. (2021). Pengembangan aplikasi pembelajaran matematika berbasis android dengan pendekatan kontekstual pada materi persamaan garis lurus untuk peserta didik kelas VIII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 643-654.

Miles, H. B. & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Thousand Oaks, C.A.: Sage Publications Inc.

NCTM. (2000). Principles and standars for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Pratito, R. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) bangun ruang sisi datar bernuansa etnomatematika kelas VIII SMP. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16.

Umam, K., Suryawati, S., & Septiana, E. (2017). Identifikasi kesulitan siswa dalam memahami persamaan garis lurus di SMP negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Serambi Akademica, 5(2), 1-6.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA, 2(2), 83-91.

Downloads

Published

2023-06-30