Identifikasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 1 Bandongan pada Materi Persamaan Garis Lurus
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 1 Bandongan pada materi persamaan garis lurus. Metode yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII F SMP Negeri 1 Bandongan. Pengumpulan data menggunakan soal tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Teknik pengambilan data yang dilakukan yaitu 1) melakukan wawancara dengan guru matematika; 2) memberikan soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis kepada siswa; 3) menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep dan mengklasifikasikannya; 4) mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sesuai dengan kategorinya; dan 5) mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa secara keseluruhan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa tergolong sangat rendah karena siswa belum mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman konsep matematis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aledya, V. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa. May, 0–7.
Arikunto, S. (2009). Manajemen penelitian.
Rineka Cipta: Jakarta.
Depdiknas. (2006). Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi. Jakarta: Depdiknas.
Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229-239.
Haryoko, S. & Jaya, H. (2017). Pengembangan media ajar pada mata kuliah pengantar pendidikan kejuruan. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 4(2), 104-112.
Imamuddin, M., Rusdi., Isnaniah & Audina, M. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan gaya belajar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 11-20.
Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan. Jurnal Analisa, 4(1), 179-187.
Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777-785.
Kencanawaty, G., Febriyanti, C. & Irawan, A. (2021). Pengembangan aplikasi pembelajaran matematika realistik berbasis android pada materi aljabar. LINEAR: Journal of Mathematics, 2(2), 25–34.
Makmuri, M., Wijayanti, D. A., Salsabila, E., & Fadillah, R. N. (2021). Pengembangan aplikasi pembelajaran matematika berbasis android dengan pendekatan kontekstual pada materi persamaan garis lurus untuk peserta didik kelas VIII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 643-654.
Miles, H. B. & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Thousand Oaks, C.A.: Sage Publications Inc.
NCTM. (2000). Principles and standars for school mathematics. Reston, VA: NCTM.
Pratito, R. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) bangun ruang sisi datar bernuansa etnomatematika kelas VIII SMP. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16.
Umam, K., Suryawati, S., & Septiana, E. (2017). Identifikasi kesulitan siswa dalam memahami persamaan garis lurus di SMP negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Serambi Akademica, 5(2), 1-6.
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA, 2(2), 83-91.
DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v4i1.3186
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.