Analisis Butir Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Matematika Kelas XI Berdasarkan Teori Klasik

Gunawan Gunawan, Lailatul Asria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal Penilaian Tengah Semester (PTS) mata pelajaran matematika SMAN 1 Kota Mungkid. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 dengan instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Butir soal dianalisis berdasarkan teori klasik yaitu indeks kesukaran, daya pembeda, reliabilitas, dan efektivitas pengecoh. Hasil analisis indeks kesukaran terdapat 3 soal kategori sukar, 12 soal kategori sedang, dan 5 soal kategori mudah. Daya pembeda soal menunjukkan 16 soal kategori sangat baik, 1 soal kategori cukup baik, 2 soal kategori sedang, dan 1 soal kategori buruk. Analisis reliabilitas menunjukkan soal memenuhi kriteria reliabilitas dengan kategori baik. Efektivitas pengecoh pada soal menunjukkan 3 soal kategori sangat baik, 6 soal kategori baik, 8 soal kategori kurang baik, 2 soal kategori tidak baik, dan 1 soal kategori sangat tidak baik. Secara keseluruhan terdapat 8 butir soal memenuhi kriteria soal sangat baik dan dapat digunakan kembali.


Keywords


item analysis, PTS, classical theory

Full Text:

PDF

References


Allen, M. J. & Yen, W.M. (1979). Introduction to measurement theory. California: Brookd/Cole Publishing Company.

Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, N., Alhapip, L., ... & Mahardika, R. L. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Angriani, A. D., Mania, S., Alam. S., Rasyid, M. R., Kusumayanti, A.

(2021). Analysis of final exam problems in mathematics semester of junior high school. Alauddin Journal of Mathematics Education, 3(1), 1-11.

Budiman, A. & Jailani. (2014). Pengembangan instrumen asesmen

Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran matematika SMP kelas VIII semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139-150.

Crocker, L. & Algina, J. (1986). Introduction to classical and modern test theory. Forth Worth: Holt, Rinehart and Winston Inc.

Dewi, S. S., Hariastuti, R. M., & Utami, A. U. (2019). Analisis tingkat kesukaran dan daya pembeda soal Olimpiade Matematika (OMI) tingkat SMP tahun 2018. Transformasi-Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 3(1), 15-26.

Ebel, R.L. & Frisbie, D.A. (1986). Essentials of educational measurement. New Jersey: Prentice Hall.

Irmayta, E., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. (2018). Pengembangan instrumen asesmen pengetahuan pada materi asam basa arrhenius. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(1), 63–76.

Lestari, K. N. & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian pendidikan

matematika. Bandung: Refika Aditama.

Mariati, I. (2009). Analisis butir soal dengan teori tes klasik (classical test theory) dan teori respons butir (item response theory) (Studi kasus: Soal ujian olimpiade sains provinsi bidang informatika 2009). Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 1-13.

Mulyadi, M. (2010). Evaluasi pendidikan: Pengembangan model evaluasi pendidikan agama di sekolah.Malang: UIN Maliki Press.

Purwati, H., Retnawati, H., Jailani, J., & Retnowati, T. H. (2021). Analisis karakteristik butir soal ujian nasional matematika SMP/MTs berdasarkan pendekatan teori tes klasik. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 4(2), 46-51.

Rahayu, R. & Djazari, M. (2016). Analisis kualitas soal pra ujian nasional mata pelajaran ekonomi akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1), 84-94.

Ratnaningsih, D. J., Isfarudi, I., & Soleiman, N. (2011). Analisis butir

soal pilihan ganda ujian akhir semester mahasiswa di Universitas Terbuka dengan pendekatan teori tes klasik. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 12(2), 92-99.

Ratnaningsih, D. J., & Isfarudi, I. (2013). Analisis butir tes objektif ujian akhir semester mahasiswa Universitas Terbuka berdasarkan teori tes modern. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 14(2), 98-109.

Safari, M. A. (2005). Teknik analisis butir soal instrumen tes dan non tes. Jakarta: APSI.

Sagala, S. (2014). Konsep dan makna pembelajaran: Untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar, Bandung: Alfabeta.

Saifuddin. (2003). Tes prestasi : Fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Son, A. L. (2019). Instrumentasi kemampuan pemecahan masalah

matematis: Analisis reliabilitas, validitas, tingkat kesukaran dan daya beda butir soal. Gema Wiralodra, 10(1), 41-52.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarto (2022). Karakteristik tes ilmu pengetahuan alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Tobari, H. (2015). Evaluasi soal-soal penerimaan pegawai baru dilengkapi dengan hasil penelitiannya. Yogyakarta: Deepublish.

Usman, Wiwid, & Sulisti, H. (2022). Analisis butir soal ulangan matematika semester genap kelas XI SMA Negeri 2 Pulau Maya. Jurnal Al ‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 34-43.

Verschoor, A. J. (2007). A multiple objective test assembly approach

for exposure control problems in computerized adaptive testing. Measurement and Research Department Reports. Cito.

Zein, M. & Darto. (2012). Evaluasi pembelajaran matematika. Pekanbaru: Daulat Riau.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v4i1.3177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.