Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pola Bilangan Melalui Pendekatan MIKIR pada Siswa Kelas VIII J MTsN 4 Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Lailatul Masfufah MTs Negeri 4 Magelang
  • Kukuh Santoso MTsN 1 Kota Magelang

DOI:

https://doi.org/10.31002/mathlocus.v4i1.3105

Keywords:

learning outcomes, MIKIR approach, number pattern

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pendekatan MIKIR dapat meningkatkan hasil belajar pola bilangan pada siswa kelas VIII J MTsN 4 Magelang tahun pelajaran 2022/2023. Pendekatan MIKIR merupakan pendekatan dari model pembelajaran aktif dengan tahapan mengalami, komunikasi, interaksi, dan refleksi. Melalui pendekatan ini diharapkan siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan menyenangkan dan bermakna. Harapannya melalui pendekatan MIKIR hasil belajar siswa pada materi pola bilangan dapat meningkat. Indikator peningkatan hasil belajar yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 75% kelas VIII J MTsN 4 Magelang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan kriteria ketuntasan minimal. Dari analisis data diperoleh persentase banyaknya siswa yang mendapatkan nilai tuntas dari pra siklus, siklus I, dan siklus II berturut-turut, yaitu 11,76%, 52,94%, dan 85,29%. Data tersebut menunjukkan adanya peningkatan persentase jumlah siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan kriteria ketuntasan pada setiap siklus. Selain itu, data menunjukkan ketercapaian indikator peningkatan hasil belajar dengan pembelajaran melalui pendekatan MIKIR. Oleh karena itu, pembelajaran melalui pendekatan MIKIR dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi pola bilangan kelas VIII.

References

Adelia, M., Armila, D., Hasibuan, A. T., Juwita, A., & Dita, R. (2022). Penerapan pendekatan mikir dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD pada pelajaran PKn di kelas tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8732-8737.

Demirci, C. (2017). The effect of active learning approach on attitudes of 7th grade students. International Journal of Instruction, 10(4), 129-144.

Ekafitri, R. (2023). Peningkatan keaktifan belajar matematika siswa melalui pendekatan MIKIR dengan menggunakan desain pembelajaran. THEOREMS (THE jOuRnal of mathEMatics), 8(1), 9-21.

Gibson. (1987). Organisasi: Perilaku, struktur, proses, edisi kelima, jilid 1, alih bahasa Djarkasih. Jakarta: Erlangga.

Hakim, A. R. (2015). Pengaruh penggunaan media clock set terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 197-202.

Kemmis, S. & McTaggart, R. (1982). The action research planner. Victoria: Deakin University Press.

Noviana, N. & Ali, A. (2021). Pembelajaran aktif konsep “MIKIR” dan pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik. Al-Ahya: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(3), 99-110.

Rawa, N. R. & Bhoke, W. (2017). Pengaruh penggunaan LKS matematika berbentuk komik terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 3(1), 19-29.

Sudjana, N. (2006). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Utami, Y. P. & Dewi, P. S. (2020). Model pembelajaran interaktif spldv dengan aplikasi rumah belajar. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 24-31.

Wahab, A. A. & Ali, M. (2009). Ilmu dan aplikasi pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama. Wittergenstein, L. (1983). Philosophical investigation. Oxford: GEM.

Yantoro. (2020). Analysis of teacher’s ability in applying MIKIR elements in active learning at high classes in the primary school. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 4(2), 356-366.

Downloads

Published

2023-06-30