Pemanfaatan Macromedia Flash pada Pembelajaran Aplikasi Trigonometri dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa

Nurul Aini Adiningsih, Fadhilah Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbantuan macromedia flash dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi aplikasi trigonometri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan minat dan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran klasik dan pembelajaran berbantuan macromedia flash. Dari hasil penelitian, persentase rata-rata hasil belajar siswa setelah pembelajaran klasik, yaitu 66,22% yang berarti hasil belajar siswa berada pada tingkat cukup, sedangkan persentase rata-rata hasil belajar siswa setelah pembelajaran berbantuan macromedia flash yaitu 82,88%, yang menunjukkan jika hasil belajar siswa berada pada tingkat baik. Uji statistik penelitian menggunakan uji-t dan diperoleh hasil sig < α, sehingga dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbantuan macromedia flash dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aplikasi trigonometri. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa melalui keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: aplikasi trigonometri, hasil belajar siswa, macromedia flash, minat belajar siswa


Keywords


trigonometry applications, student learning outcomes, macromedia flash, student interest in learning

Full Text:

PDF

References


Fauzan, M., Gani, A., Syukri, M., & Aceh, D. B. (2017). Penerapan model problem based learning pada pembelajaran materi sistem tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 27–35.

Hidayat, K. N. & Fiantika, F. R. (2017). Analisis proses berfikir spasial siswa

pada materi geometri ditinjau dari gaya belajar. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 1(1), 385–394.

Hodiyanto, Darma, Y. & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash bermuatan problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334.

Khairani, M. & Febrinal, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran

dalam bentuk macromedia flash materi tabung untuk SMP kelas IX. Jurnal IPTEKS Terapan, 10(2), 95–102.

Mafulah, J. & Amin, S. M. (2020). Kemampuan koneksi matematis siswa

dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari adversity quotient. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 241–250.

Muchlis, E. E. & Maizora, S. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep trigonometri melalui pendekatan konstruktivisme dengan berbantuan macromedia flash 8 pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(1), 39–44.

Murni, W. (2017). Pemaparan metode penelitian kualitatif. Jurnal Komunikasi, 9(1), 1–17.

Nuriza, U., Saminan, & Abidin, Z. (2019). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar matematika siswa melalui penerapan model discovery learning berbantuan macromedia flash 8. Jurnal Peluang, 7(1), 64–72.

Ripai, I. & Sutarna, N. (2020). Implementasi model pembelajaran problem based learning berbantuan macromedia flash untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 130–137.

Rizky, V. N. & Faizah, H. (2020). Pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa kelas XI MA Darul Ulum Waru. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 147–156.

Setiawan, A. (2016). Hubungan kausal penalaran matematis terhadap prestasi belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 91–100.

Sugiyono. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. In CV Alfabeta.

Wardani, K. W. & Setyadi, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash materi luas dan keliling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 73–84.

Ulfa, M. & Saputra, H. (2019). Pengaruh media pembelajaran makromedia flash dengan pendekatan matematika realistik pada hasil belajar siswa. Triple S, 2(1), 12–21.

Yanuarto, W. N. (2020). Students motivation and mathematical problem solving enhancement through SFAE (Student Facilitator and Explaining) in

problem-solving strategies. Indonesian Journal of Mathematics Education, 3(2), 52–58.

Zain, A. N., Supardi, L., & Lanya, H. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan materi trigonometri. Sigma: E-Journal Unira, 3(1), 12–16.

Zulaikha, N. F., Maharani, H. R., & Basir, M. A. (2020). Analisis tingkat kemampuan berpikir kreatif materi trigonometri. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 157–174.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v3i1.2742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.