Pengembangan Buku Ajar Materi Rotasi dalam Geometri Transformasi pada Gerakan Tari Kretek Kudus untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMP

Muhammad Andi Nugroho, Detalia Noriza Munahefi

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan buku ajar materi rotasi dalam geometri transformasi pada gerakan tari kretek Kudus guna membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Dalam pengembangannya, buku ajar ini menjelaskan materi transformasi geometri (rotasi) yang terimplementasikan pada pola lantai dalam gerakan tari kretek. Instrumen yang digunakan berupa wawancara guru mata pelajaran matematika, pre-test, dan post-test peserta didik. Penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru matematika sangat setuju apabila dikembangkan media pembelajaran buku ajar materi rotasi pada transformasi geometri bernuansa etnomatematika tari kretek Kudus. Selan itu, hasil tes peserta didik menunjukkan peningkatan sebesar 39,00 serta signifikansi (2-tailed) < 0,05 yakni sebesar 0,00, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberikan buku ajar materi rotasi pada gerakan tari kretek. Secara keseluruhan buku ajar etnomatematika yang dikembangkan ini layak dipakai dalam pembelajaran matematika, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pokok bahasan transformasi geometri (rotasi). Pengembangan produk pada penelitian selanjutnya hendaknya dengan kajian etnomatematika pada budaya Kudus lainnya serta meliputi materi transformasi geometri secara menyeluruh.

Kata Kunci: buku ajar, tari kretek Kudus, transformasi geometri


Keywords


textbook, kretek dance Kudus, geometry transformation

Full Text:

PDF

References


Arwanto, A. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon untuk Mengungkap Nilai Filosofi dan Konsep Matematis. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 40-49.

Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta didik SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141-150.

Fauzi, A. & Lu'luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika pada permainan

dengklaq sebagai media pembelajaran matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408-419.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI -Press).

Rizti, T. M., & Prihatnani, E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran 3CM (Cool-Critical-Creative-Meaningfull) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 213-224.

Sa’adah, N., Haqiqi, A. K., & Malasari, P. N. (2021). Etnomatematika Gerakan Tari Kretek Kudus pada Pembelajaran Matematika. Algoritma: Journal of Mathematics Education, 3(1), 58-71.

Silviana, D. & Mardiani, D. (2021). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta didik melalui Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 291-302.

Wulandari, R., Suwarto, S., & Novaliyosi, N. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Ruang pada Pembelajaran Daring dengan Model Discovery learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 197-206.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v3i1.2739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.