Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Problem Based Learning pada Mata Kuliah Kalkulus Integral

Yesi Franita, Zuida Ratih Hendrastuti, Khoirun Nisa Asna, Saniatun Nafisah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan merujuk pada model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis Problem Based Learning pada mata kuliah Kalkulus Integral dan mengetahui kelayakan LKM tersebut bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tidar. Kelayakan lembar kerja mahasiswa ditinjau dari beberapa aspek melalui pengujian lembar kerja mahasiswa oleh validator, serta penggunanya, yaitu mahasiswa. Subjek penelitian yang digunakan sebagai subjek uji coba adalah mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tidar tahun akademik 2019/2020. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi lembar observasi, pedoman wawancara, angket analisis kebutuhan, dan angket validasi. Teknik analisis data menggunakan penentuan penskoran pada masing-masing aspek kelayakan LKM. Dari hasil penelitian pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa berbasis Problem Based Learning pada mata kuliah Kalkulus Integral ini diperoleh hasil penilaian tingkat kelayakan LKM melalui pengujian kepada validator sebesar 91,07% dengan kategori sangat layak dan uji coba terhadap respon mahasiswa sebagai pengguna memperoleh nilai 82,58% dengan kategori sangat baik.


Keywords


Kalkulus Integral; Lembar Kerja Mahasiswa; Pengembangan; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Agitsna, L.D., Wahyuni, R., & Friansah, D. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis Problem Based Learning pada materi bangun ruang sisi datar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 429 – 437.

Asnila, Z., Nurrahmawati, & Deswita, H. (2016). Pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMAN 3 Tambusai. Jurnal Mahasiswa Prodi Matematika UPP, 2(2), 1-3.

Daryanto. (2013). Menyusun modul. Yogyakarta: Gava Media.

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Muttakin, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang multikonsep pada perkuliahan konsep kimia unsur. Jurnal Edukasi Kimia, 2(1), 54-65.

Oktaria, D. & Sari, E. F. P. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa melalui Problem Based Learning (PBL). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SNMPM), Universitas Sriwijaya, 42-48.

Oktaviana, D. & Haryadi, R. (2020). Pengaruh model pembelajaran Probem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1076-1085.

Rahmi, Anggraini, V., Melisa. (2014). Pengembangan CD interaktif pada perkuliahan persamaan diferensial biasa di STKIP PGRI Sumatera Barat. Prosiding Seminar Nasional dan Kongres IndoMS Wilayah Sumatera Bagian Tengah, 395-403. FMIPA Universitas Riau.

Ramdani, Y. (2012). Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran, dan koneksi matematis dalam konsep integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 44-52.

Sanjaya, W. (2009). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Thiagarajan, S., Sammel, D., dan Semmel, M.I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. India: Indiana University.

Tresnawati, I., Anggraeny, Y., & Septiyan, G.D. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap pemahaman konsep statistika. Jurnal of Elementary Education, 2(3), 99-108.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Varberg, D, Rigdon, S.E, dan Purcell, E.D. (2006). Calculus, 9th edition. United States: Pearson.

Zulfah. (2017). Tahap prelimary research pengembangan LKPD berbasis PBL untuk materi matematika semester 1 kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia: Pendidikan Matematika, 1(2), 1-12.




DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i2.2605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.