Proses Berpikir Konseptual Siswa Extrovert dan Introvert dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewiyani, M. & Sagirani, T. (2012). Proceeding: The thinking process profile the students of informatics system departement in solving the mathematics problem based on the personality type and gender. STIKOM Surabaya, 1-10.
Eysenck, H. J. (1998). Dimensions of personality. New Brunswick: Transaction Publishers.
Hallett, D., Nunes, T., Bryant, P., & Thorpe, C. M. (2012). Individual differences in conceptual and procedural fraction understanding: The role of abilities and school experience. Journal of Experimental Child Psychology, 113(4), 469-486.
Hamda, H. (2016). Berpikir konseptual dalam pemecahan masalah matematika dan implikasinya dalam kehidupan nyata. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 22-30.
Hermawan, A. B. (2012). Pengaruh pemahaman konsep bangun ruang terhadap keterampilan siswa dalam menyelesaikan permasalahan kontekstual di kelas VIII SMP Negeri 1 Leuwimunding Kabupaten Majalengka. (Skripsi). IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Cirebon.
Kemendikbud. (2014). Materi pelatihan implementasi kurikulum 2013 tahun 2014 mata pelajaran matematika SMP/MTs untuk guru. Jakarta:
Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findel, B. (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics. Washington: National Academy Press.
Marpaung. (1986). Sumbangan pikiran terhadap pendidikan matematika dan fisika. Yogyakarta: Pusat Penelitian Pendidikan Matematika/Informatika FPMIPA, IKIP Sanata Darma Yogyakarta.
Nottingham. (2015, Desember 14). Conceptual and Strategic Thinking.
(Online), (http://www.nottingham.ac.uk/hr/guidesandsupport/performanceatwork/pdpr/pdprbehavioural-competency-guide/thinking-and-nnovation/conceptual-and-strategicthinking.aspx)
Polya, G. (1973). How to solve it. United States of America: Pricenton University Press.
Rofiki, I. (2013). Profil pemecahan masalah geometri siswa kelas akselerasi SMP Negeri 1 Surabaya ditinjau dari tingkat kemampuan
matematika. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Matematika
dan Aplikasinya Universitas Airlangga, Surabaya Jawa Timur.
Suryabrata, S. (2003). Psikologi kepribadian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wafida, A. (2018). Analisis proses berpikir refraktif siswa dalam menyelesaikan soal berstandar pisa ditinjau dari tipe kepribadian extrovert-introvert. (Skripsi). UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.
DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v3i1.2343
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.